Dicoret dari Timnas U-19, Ini Tekad Sutan Zico

Pencoretan ini membuat Sutan Zico dipastikan tak akan ambil bagian saat Timnas U-19 menggelar pemusatan latihan di luar negeri. Peluang Zico untuk masuk skuat ke Piala Asia U-19 2020 pun terbilang kecil karena sudah tercoret di tahap seleksi.

“Kecewa itu pasti. Tapi di momen seperti ini saya juga harus berpikir positif. Saya harus membenahi kekurangan saya sekaligus introspeksi dan lantas memperbaikinya,” kata Zico dalam rilis klub.

Sutan Zico menilai pencoretan terhadap dirinya tak adil karena pemain belum mendapat kesempatan untuk unjuk kemampuan. Ia pun menunjukkan kekecewaannya di media sosial.

Eks pelatih Zico di Timnas Indonesia U-16 Fakhri Husaini memahami kekecewaan Zico. Menurut Fakhri, pencoretan di Timnas Indonesia adalah hal biasa.

Pelatih asal Aceh itu mengungkapkan bahwa ia juga pernah mengalami situasi serupa. Bahkan saat itu ia dicoret meski berstatus pemain penting.

“Alhamdulillah banyak dukungan dengan memberikan support langsung kepada saya. Termasuk coach Fahri yang memberikan support melalui sambungan telepon,” tutur eks pemain binaan Bina Taruna itu.

“Intinya dia mengatakan bahwa saya harus introspeksi diri, perbaiki setiap kekurangan untuk mendapat kesempatan kembali ke timnas,” ucapnya.

Totalnya, ada 11 pemain Timnas U-19 yang dipulangkan Shin Tae-yong pada, Senin (11/8/2020). Ada juga Elkan Baggott yang pulang lebih awal. Bukan karena dicoret, melainkan masa pemanggilan Elkan Baggott sudah habis.

Terkini, PSSI baru saja memanggil pemain berdarah Inggris-Indonesia lainnya yakni Jack Brown. Skuat yang Timnas U-19 yang tersisa saat ini pun menjadi 35 pemain.