Pratama Arhan Alif Rifai : Perbedaan TC Timnas U-19 Sekarang dan Sebelumnya

Pemain belakang PSIS Semarang, Pratama Arhan Alif Rifai menjadi salah satu penggawa Timnas Indonesia U-19 yang masih dipertahankan Shin Tae-yong dalam Training Center (TC) di Stadion Madya, Senayan, Jakarta sejak akhir pekan lalu.

Sebelumnya Shin Tae-yong sempat mencoret 11 penggawa skuat Garuda Muda termasuk rekan Arhan di Laskar Mahesa Jenar yakni Kartika Vedhayanto.

Masih berkesempatan berada di pemusatan latihan, Arhan pun mengungkapkan beberapa perbedaan TC Timnas U-19 kali ini dengan TC sebelum-sebelumnya.

Menurut Arhan, TC kali ini memiliki nuansa yang berbeda dan mengajarkan kepada setiap komponen Timnas untuk mematuhi protokol kesehatan.

“Iya tentu saja situasinya cukup berbeda. Kalau sekarang semua pemain mau pun official harus mengikuti protokol kesehatan dengan ketat dan disiplin untuk menjaga kebersihan dan kesehatan,” ujar Arhan Rabu (11/08/20) siang.

Jebolan Akademi PSIS ini juga menuturkan bahwa gaya latihan Shin Tae-yong dalam TC memang cukup keras seperti sebelum-sebelumnya. Ia bercerita bahwa TC kali ini sebagai rangkaian dari latihan secara virtual beberapa bulan lalu.

Namun Arhan tidak mempermasalahkan gaya kepelatihan Shin Tae-yong yang cukup keras dan justru mengambil sisi positif supaya kondisi fisiknya lebih prima.

“Kalau TC sebelumnya kan cuman virtual training aja, kalau sekarang sudah latihan seperti biasa di lapangan tentu saja beda karena latihan virtual hanya penguatan tapi sekarang sudah latihan seperti biasa mengikuti gaya coach Shin Tae-yong yang latihannya keras. Banyak manfaat bagi saya,” tandasnya.