Gelombang Kedua Corona di Vietnam, Bali United Tetap Siap Berangkat

Bali United tetap siap berangkat ke Vietnam, meski negara itu diterpa gelombang kedua virus corona (COVID-19). Skuat Serdadu Tridatu akan berangkat ketika ada penerbangan ke Vietnam untuk melakoni pertandingan Piala AFC.

Vietnam awalnya sangat sigap dalam penanganan COVID-19. Dalam beberapa bulan, tak ada kasus yang muncul, apalagi sampai menyebabkan kematian.

Namun, pada akhir bulan lalu, kasus positif kembali muncul dalam jumlah ratusan. Kasus terparah terjadi di Da Nang. Dilansir dari vnexpress, sudah ada 18 kematian dalam dua pekan, di mana 14 di antaranya terjadi di Da Nang.

Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco, sudah mendengar hal ini. Teco pun turut mendapat informasi jika tak ada penerbangan internasional menuju Vietnam.

“COVID-19 ada di mana-mana, termasuk Indonesia. Saya cuma dengar pesawat ke Vietnam belum ada, tapi waktu ada ada pesawat kita siap berangkat,” ucap Teco.

Teco menyebut Bali United siap berangkat dengan penerapan protokol kesehatan. Sejauh ini pun, Bali United cukup disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan ketika latihan.

Fadil Sausu dkk. sudah menjalani sekali Swab Test PCR dan dua kali Rapid Test. Lapangan Trisakti yang menjadi lokasi latihan pun disterilisasi. Bali United rutin menyemprotkan disinfektan pada alat-alat yang digunakan untuk latihan.

“Setiap Minggu sekali kita pakai tes buat lihat tidak ada yang sakit di dalam tim,” tutur Teco. 

Sejauh ini, federasi sepak bola Asia, AFC, tetap pada keputusan menggelar lanjutan Piala AFC grup G di Vietnam. Pekan lalu, Bali United pun sudah menerima jadwal resmi yang rencananya dihelat pada 23-29 September 2020.