Dede Sulaiman Tak Khawatir Berkandang Di Malang

Persipura mencatat enam kemenangan, serta masing-masing tiga imbang dan kekalahan selama menjadi musafir di sisa musim 2019.
Artikel dilanjutkan di bawah ini

Pengalaman menjadi tim musafir dalam dua musim terakhir tidak memberikan pengaruh terhadap performa Persipura Jayapura kala melakoni lanjutan Liga 1 2020 yang mulai bergulir pada 1 Oktober.

Manajemen Persipura telah memutuskan Malang sebagai kandang mereka di lanjutan liga tahun ini. Keputusan itu diambil setelah PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) meminta seluruh tim di luar Pulau Jawa memindahkan markas mereka akibat pandemi virus Corona.

Penjaga gawang Dede Sulaiman mengatakan, penggawa Persipura tetap siap menjalani laga di luar Jayapura. Bagi Dede bermain di luar Jayapura bukan merupakan hal perdana baginya.

Apalagi Persipura sudah menjadi tim musafir pada awal musim 2020, dan bermarkas di Stadion Klabat, Manado. Hal itu disebabkan Stadion Mandala direnovasi untuk kepentingan PON 2021 di Papua.

“Saya pribadi mengikuti arahan dari manajemen saja. Mau dimana saja, saya Insya Allah siap. Enggak ada masalah buat saya, yang jelas saya mengikuti arahan manajemen,” ujar Dede dilansir laman resmi PT LIB.

Kendati demikian, Dede mengakui dirinya merindukan Persipura bisa bermain di Stadion Mandala lagi. Menurutnya, bermain di kandang memberikan atmosfer tersendiri bagi penggawa Mutiara Hitam sekalipun tidak dihadiri penonton, terkait protokol kesehatan yang diterapkan pemerintah.

“Sejak dua tahun terakhir memang Persipura sering ber-homebase di luar Jayapura. Berat sih enggak, tapi kami pasti akan lebih semangat lagi kalau main di Jayapura, karena lebih banyak suporter di sana,” ucap Dede.

Terakhir kali Persipura bermain di Stadion Mandala adalah saat menjamu Kalteng Putra pada 14 Agustus tahun lalu. Persipura memberikan kado kemenangan 2-0 di laga terakhir di Jayapura tersebut.

Selepas itu, anak asuh Jacksen F Tiago menjadi tim musafir. Dua venue dijadikan kandang untuk menjamu lawan-lawannya di sisa musim 2019, yakni Stadion Aji Imbut di Tenggarong dan Gelora Delta Sidoarjo.

Selama melakoni laga kandang rasa tandang di musim 2019, Persipura mencatat enam kemenangan, serta masing-masing tiga imbang dan kekalahan. Tiga kekalahan diperoleh ketika menjamu Persib Bandung, Bhayangkara FC, dan Persebaya Surabaya.