Charis Yulianto: Fachruddin dan Alfarizi Bisa Jadi Mentor Bek Muda Timnas Indonesia

Dari delapan pemain belakang yang dipanggil Shin Tae-yong, pelatih timnas Indonesia, dua di antaranya adalah bek senior.

Dua pemain itu adalah Fachruddin Aryanto dan Johan Ahmat Farizi. Adapun enam pemain lainnya adalah bek muda yang usianya masih belum genap 25 tahun.

Mereka adalah Koko Ari Araya, Arif Satria, Ryuji Utomo Prabowo, Rachmat Irianto, Asnawi Mangkualam Bahar, dan Andy Setyo.

Charis Yulianto, mantan bek timnas Indonesia, mengatakan dua pemain senior yang dipanggil timnas Indonesia dapat menjadi mentor para bek muda.

Fachruddin dan Alfarizi bisa menuangkan pengalaman bertanding internasional mereka kepada pemain muda seperti Koko Ari dan Arif Satria.

“Saya pikir mereka pemain senior yang berpengalaman,” kata Charis Yulianto saat dihubungi Skor.id, Selasa (4/8/2020) siang.

“Saya pikir dia juga bisa memberikan pengalamannya buat adik-adiknya nanti di timnas senior bisa membimbing mereka,” Charis menambahkan.

Lebih dari itu, Charis juga menilai pengalaman bertanding internasional Fachruddin dan Farizi sudah cukup mumpuni.

“Dalam tim memang sangat perlu sekali sosok pemain berpengalaman. Fachrudin juga Alfarizi sudah lama bermain, berpengalaman di timnas juga,” ujar Charis.

Skuad timnas Indonesia sudah berkumpul di Hotel Fairmont, Senayan, Jakarta Pusat guna memulai persiapan menatap laga sisa Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Bek dan pelatih Madura United, Fachruddin Aryanto dan Rahmad Darmawan (kiri ke kanan), dalam sesi jumpa pers menjelang laga Madura United vs Barito Putera, 28 Februari 2020. Madura United
Namun, dari rencana menjalani pemusatan latihan pada 25 Juli 2020, diundur ke 1 Agustus 2020 karena pemain menjalani karantina antisipasi Covid-19.

Sayangnya, rencana pada 1 Agustus kembali gagal terlaksana dan hingga kini belum ada keterangan pasti kapan timnas Indonesia akan berlatih.

Hanya tersiar kabar yang itu tercantum dalam surat Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, timnas Indonesia akan berlatih pada 7 Agustus 2020.