Ikuti Rapat dengan FIFA, PSSI Tegaskan Indonesia Siap Gelar Piala Dunia U-20 Meski Pandemi Covid-19

Di tengah banyaknya tantangan yang harus dihadapi akibat pandemi Covid-19, persiapan Piala Dunia U-20 2021 yang akan berlangsung di Indonesia tetap berjalan sesuai jadwal.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan saat mengikuti rapat virtual dengan Presiden FIFA Gianni Infantino, Rabu (29/7/2020).

Dikutip Tribunpalu.com dari laman resmi PSSI, pria yang akrab disapa Iwan Bule ini mengklaim Indonesia tetap siap menggelar event kelas internasional tersebut meskipun ada kendala Covid-19.

“Atas nama rakyat Indonesia, sekali lagi kami sampaikan terima kasih atas penunjukan Indonesia sebagai tuan rumah event bergengsi ini. Dengan dukungan pemerintah yang sangat luar biasa, PSSI selaku federasi sepak bola Indonesia terus bekerja keras memastikan pelaksanaan Piala Dunia U-20 2021 sesuai rencana,” kata Iriawan.

Pada kesempatan ini, Iriawan juga menyampaikan bahwa PSSI berkoordinasi dengan berbagai instansi untuk kembali menggelar aktivitas persepakbolaan di Indonesia.

Salah satu yang menjadi prioritass PSSI saat ini adalah kelanjutan dari kompetisi Liga 1 yang sempat terhenti karena Covid-19.

“Kami berencana menggulirkan kembali Liga 1 pada Oktober mendatang, dan dalam hal ini pemerintah juga memberikan support yang sangat besar,” ungkapnya.

Banyak penundaan

Tertundanya beberapa kompetisi karena pandemi Covid-19 bukan hanya menjadi masalah bagi Indonesia saja.

FIFA sendiri juga mengakui merasakan besarnya dampak yang ditimbulkan Covid-19 atas rencana kompetisi yang telah mereka susun.

Presiden FIFA memaparkan, pandemi Covid-19 membuat organisasi sepak bola dunia melakukan berbagai perubahan pada kalender kegiatan persepakbolaan.

Jadwal kualifikasi Piala Dunia 2022 yang seharusnya digelar Maret dan Juni lalu digeser menjadi Oktober dan November 2020.

Demikian juga untuk jadwal Piala Dunia Wanita U-17 yang seharusnya berlangsung di India pada 2-21 November 2020 diundur menjadi 17 Februari – 7 Maret 2021.

Sementara itu, Piala Dunia Futsal yang sedianya berlangsung September 2020 di Lithuania pun diundur pada September-Oktober 2021.

Adapun Kejuaraan Dunia Antarklub semula dijadwalkan di Tiongkok pada pertengahan 2021 harus diundur pada tahun berikutnya karena waktunya bersamaan dengan gelaran Piala Eropa dan Copa America yang juga mengalami pergeseran akibat pandemi Covid-19.