2 Kiper Dipanggil Timnas Indonesia, Persebaya Akan Promosikan Pemain Muda

Persebaya terancam krisis penjaga gawang dalam lanjutan Shopee Liga 1 2020 yang dimulai pada Oktober mendatang. Penyebabnya, dua kiper yang mereka miliki kini dalam agenda pemusatan latihan Timnas Indonesia, yaitu Rivky Mokodompit dan Ernando Ari Sutaryadi.

Rivky kini berada di Jakarta dan dipersiapkan untuk membela Tim Garuda lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 Qatar, pada 8 Oktober, 13 Oktober, dan 12 November 2020. Kiper Persebaya lainnya, Ernando, masuk dalam daftar 44 pemain Timnas Indonesia U-19 Indonesia yang dipersiapkan untuk Piala Dunia U-20 2021.

Pelatih kiper Persebaya, Benyamin van Breukelen tengah dalam upaya untuk mendapatkan penjaga gawang baru. Pasalnya, klub berjulukan Bajul Ijo tersebut hanya menyisakan Angga Saputra saja untuk pemain di bawah mistar.

“Saya selalu memantau Rivky, Ernando, dan Angga. Karena Rivky dan Ernando masuk TC (pemusatan latihan), sekarang saya pantau. Saya sudah menyiapkan kiper cadangan juga,” ungkap pelatih kiper yang akrab disapa Beny itu.

Beny masih enggan buka suara terkait sosok kiper yang bakal direkrutnya tersebut. Namun, dia memang memprioritaskan pemain binaan Persebaya sendiri, yang selama ini didik dalam kompetisi internal.

Siapkan Tujuh Kiper Muda
Selama pramusim, Beny juga kerap mengajak serta kiper-kiper milik tim junior Persebaya untuk latihan bersama. Kemungkinan dari sanalah dia akan mendapatkan stok tambahan.

“Saya sudah kenal karena selalu ikut dalam latihan sewaktu kami melakukan persiapan, waktu sebelum corona. Kalau kami memang aktif latihan kembali, dia tidak akan canggung dengan suasana tim di Persebaya,” imbuh pria berusia 57 tahun tersebut.

Seperti saat Persebaya menjalani pemusatan pramusim pada Januari silam di Yogyakarta. Beny mengajak serta kiper-kiper muda untuk mengikuti agenda tim senior tersebut.

Dia mengajak serta dua penjaga gawang tim U-20, yaitu Ababil Syabella Bram dan Andhika Ramadhani. Keduanya berada di bawah arahan pelatih kiper Beny van Breukelen.

“Saya berharap selama musim ini akan ada tujuh penjaga gawang yang ikut berlatih dengan saya. Tiga atau empat di antaranya masuk skuat senior, sisanya kiper tim Elite Pro. Saya ingin semuanya bisa berlatih sama-sama,” ucap Beny.