Liga 1 Tak Kunjung Jelas, Madura United juga Ragu Piala Dunia U-20 2021 Bisa Lanjut Tepat Waktu

CEO Madura United, Zia Ul Haq, mengatakan bahwa pihaknya tidak begitu yakin bahwa Piala Dunia U-20 2021 bisa dimulai sesuai jadwal yang direncanakan.

Keraguan Madura United tersebut karena Piala Dunia U-20 2021, direncanakan bakal berlangsung 20 Mei-11 Juni 2021, di Indonesia. Sementara di Tanah Air korban Covid-19 masih cukup tinggi.

Hal itu menjadi dasar keraguan Madura United, apalagi Piala AFF 2020 sudah ditunda, sehingga menurut Zia Ul Haq Piala Dunia U-20 pun bisa mengalami penundaan atau diundur.

Zia Ul Haq berbicara mengenai hal itu karena sampai saat ini saja menurutnya lanjutan liga 1 2020 belum jelas meski sudah dipastikan kembali bergulir 1 Oktober mendatang.

Apalagi untuk kompetisi sebesar Piala Dunia U-20 yang bakal diikuti oleh banyak negara dan melibatkan banyak orang.

Menurut Zia melanjutkan Liga 1 2020 ini memang awal dasarnya agar aspek ekonomi tetap jalan saja mustahil apalagi untuk yang lain, seperti mempersiapkan pemain yang bakal berlaga di timnas.

“Kompetisi dilanjutkan kan memang untuk timnas dan aspek ekonomi agar tetap berjalan. Tapi saya menilai ini mustahil,” kata Zia Ul Haq kepada BolaSport.com, Senin (3/8/2020).

“Kalau memang punya target timnas, kenapa tidak fokus kepada pemusatan latihan (TC) saja. TC jangka panjang kan bisa membuat para pemain dan pelatih fokus, dan pastinya itu mengurangi cedera,” ucapnya.

Bahkan Zia mengatakan kalau memang berfokus untuk timnas yang bakal berlaga di Piala Dunia U-20, seharusnya kompetisi yang difokuskan untuk pertandingan dibawah U-20 bukan pada senior.

Dengan menggelar lanjutan Liga 1 2020 dinilai tidak sinkron, apalagi Piala AFF 2020 resmi ditunda oleh Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF).

Piala AFF 2020 yang sebelumnya direncanakan bakal digelar pada 23 November-31 Desember mendatang itu resmi ditunda.

Ditundanya Piala AFF 2020 itu pun membuat Madura United juga meragukan apakah Piala Dunia U-20 2021 bisa digelar sesuai jadwal.

Hal itu karena Covid-19 hingga saat ini pun belum bisa dipastikan kapan bakal berakhir.

“AFF 2020 kan sudah di tunda ya. Sampai saat ini pun Madura United tidak yakin kalau Piala Dunia U-20 bisa dilaksanakan tepat waktu,” ujar Zia Ul Haq.

Selain itu, Zia menyebut kenapa harus menyalahkan keadaan jika hal itu terjadi, apalagi terkait lanjutan Liga 1.

“Kenapa kita harus menyalahkan faktor nasib? Dan yang terakhir kenapa PSSI mengatakan bahwa ini new normal (untuk Liga 1). Ekonomi apa yang diharapkan kalau tidak ada penonton,” tutur Zia.

“Ekonomi apa yang diharapkan kalau sponsor pun sudah menyerah dan hampir seluruh klub mengalami ini. Bukannya ini tambah membunuh finansial klub,” katanya.