Identik Satu Paket, Inilah Curahan Hati Rahmad Darmawan Ditinggal Selamanya oleh Satia Bagdja

Pelatih Madura United, Rahmad Darmawan, mengaku sangat kehilangan sosok Satia Bagdja Itjatna, eks asistennya yang meninggal dunia di Bekasi pada Senin (3/8/2020) malam WIB.

Menurut Rahmad, Pak Satia adalah partner terbaiknya dalam berkarier sebagai pelatih. Ia menjadi pelatih fisik di timnas SEA Games 2011 dan 2013 saat RD, sapaan akrab Rahmad, menjadi pelatih kepalanya.

Selain itu, Dosen Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) Universitas Negeri Jakarta (UNJ) pun ikut RD di sejumlah klub Tanah Air (Persikota Tangerang, Arema, Persebaya, Persija Sriwijaya), dan Malaysia (T-Team).

“Saya merasa kehilangan karena dalam dua pertiga karier saya sebagai pelatih kepala, saya didampingi oleh Pak Satia,” kata RD seperti dikutip dari Antara.

“Beliau sebagai kakak, teman, rekan kerja dan sudah seperti keluarga sendiri,” ucapnya melanjutkan.

Sementara itu, dalam beberapa tahun belakangan Pak Satia memang mulai melebarkan sayap dalam karier kepelatihannya. Ia mulai memberanikan diri untuk menjadi pelatih kepala.

Dimulai pada Asian Games 2018 di mana ia menjabat sebagai pelatih timnas putri dan berlanjut di Persiba Balikpapan untuk Liga 2 2019.