Tunggu Regulasi, Persipura Belum Pilih Stadion di Jawa

Persipura Jayapura masih belum bisa memastikan kandang yang harus mereka pilih ketika Liga 1 Indonesia 2020 kembali digulirkan pada Oktober mendatang. Karena konsekuensi pandemi virus corona (COVID-19), Persipura mengikuti kebijakan PSSI dan operator liga untuk berkandang di Pulau Jawa.

Sebagaimana dipetik dari Tabloid Jubi, Sekretaris Umum Persipura, Rocky Bebena, menganggap bahwa penunjukan Yogyakarta bukan merupakan keputusan yang “jelas”. Rocky mengatakan bahwa klubnya belum mau terburu-buru menentukan stadion mana yang akan dipilih ketika harus menetap di Jawa nanti.

“Pada prinsipnya kami tidak lebih dulu gegabah menentukan homebase sebelum ada detil prosedur tetap selama pelaksanaan kompetisi nanti,” kata Rocky. “Kami minta kepastian dulu.”

Meski begitu, pasukan Jacksen F Tiago tidak asing dengan pengalaman menjadi tim “musafir”. Sejalan dengan renovasi Stadion Mandala di Kota Jayapura sejak musim lalu, pemilik tiga gelar Indonesia Super League itu pernah berkandang di Stadion Delta (Sidoarjo), Aji Imbut (Tenggarong), sampai Klabat (Manado) sebagai stadion terakhir sebelum pandemi.

Namun begitu, tim raksasa yang justru berada di ibukota, Persija Jakarta, juga memilih hijrah ke Stadion Sultan Agung di Bantul, Yogyakarta. Sementara itu, Borneo FC sudah memilih Stadion Maguwoharjo yang juga berada di Yogyakarta sebagai homebase.

Setempat dengan Borneo, klub dari wilayah terbarat Indonesia, Persiraja, juga akan memilih Maguwoharjo. Adapun Bali justru mengambil stadion yang sama dengan Persija di Bantul.[]