Kesuksesan Bek Bali United Michael Orah Sebagai Pemain Kidal

Bek Bali United Michael Orah mungkin kerap dipandang sederhana, namun dirinya merupakan sosok yang secara dua musim beruntun mampu menjuarai Liga 1 dengan dua klub berbeda.

Setelah menjadi bagian skuad juara Persija Jakarta pada Liga 1 2018, Orah yang pernah membela Persepam Madura United itu juga membantu Bali United menjadi kampiun Liga 1 2019.

Sebagai bek kiri, Orah dikenal memiliki kaki kiri yang paten. Umpan akurat dari pemain kidal ini turut andil dalam perebutan juara Bali United, ketika musim 2019 mengudeta posisi TIRA Persikabo.

Lewat umpan silang kaki kiri yang dilepaskan Orah kepada Stefano Lilipaly, terjadilah sebuah gol yang menjadi penentu kemenangan Serdadu Tridatu. Perlu diketahui, pemain kidal adalah hal yang boleh dibilang jarang di Indonesia.

“Waktu itu tentu semua sangat senang karena tim Bali United bisa merebut posisi puncak klasemen Liga 1 2019. Suporter dan pendukung Bali United juga senang melihat perjuangan tim pada waktu itu,” papar Orah dikutip laman resmi Bali United.

“Bersyukur juga melalui berkat Tuhan, saya memiliki kelebihan pada kaki kiri dalam memberikan umpan dan penyelamatan pada pertandingan saat itu,” sambung eks Mitra Kukar tersebut.

“Senang rasanya bisa memberikan umpan untuk menjadi gol dan melakukan penyelamatan agar skor tidak disamakan waktu itu,” beber pemain asal Tomohon ini.

Kini ia berusia 35 tahun, dan tetap dipertahankan Bali United karena kepercayaan dari pelatih Stefano Cugurra ‘Teco’. Tentu, Teco tahu betul bagaimana kualitas Orah sebagai seorang bek kiri, sehingga membawanya dari Persija ke Bali United.

Pemain senior yang sudah banyak pengalaman dengan berbagai klub ini membeberkan bagaimana kiat dirinya bisa terus konsisten di usia yang tak lagi muda. Kerja keras sudah jelas menjadi instrumen utama dalam sebuah keberhasilan.

“Saya selalu menanamkan dalam diri untuk bisa fokus pada tujuan yang ingin digapai. Setelah itu kerja keras, berusaha, latihan bersama tim dan percaya bahwa kita bisa,” kata Orah.

“Apa yang dirasa tidak mungkin, jika mau berusaha dan fokus dengan kepercayaan diri tinggi, maka apa pun itu akan bisa dilakukan,” tegasnya.