Pelaksanaan Liga 2 2020 Bakal Berjalan Singkat, Sekitar 1,5 Bulan

Kompetisi kasta kedua yakni Liga 2 2020 tak luput dari perhatian operator kompetisi yakni PT Liga Indonesia Baru (LIB). Konsep dan persiapan lain untuk menggulirkan kembali kompetisi kasta kedua terus dimatangkan.

Hal menariknya adalah kompetisi yang bakal berjalan cukup singkat. Rentang waktu pelaksanaan kompetisi Liga 2 di tengah pandemi COVID-19, diprediksi berjalan tak kurang dari dua bulan.

Sebelumnya, PSSI menetapkan hanya ada dua tim yang berhak mendapatkan jatah promosi ke Liga 1 dan tidak akan ada tim yang terdegradasi ke Liga 3.

Sebanyak 24 tim peserta Liga 2 juga akan dibagi menjadi empat grup. Dengan masing-masing grup diisi oleh enam tim. Lantas hanya diambil dua tim teratas di setiap grup untuk melaju ke fase babak gugur hingga final.

Asumsinya adalah lima laga di fase penyisihan grup, tiga pertandingan di babak delapan besar, satu laga semifinal, dan terakhir di partai puncak atau finalnya. Untuk hasil pekan pertama Liga 2 2020 yang berjalan sebelum kompetisi ditangguhkan, dipastikan hangus.

“Kompetisi Liga 2 akan berjalan sangat singkat. Perkiraan kami bakal berjalan satu setengah bulan. Karena hanya akan ada 10 pertandingan bagi tim yang melaluinya dengan mulus,” terang Sudjarno kepada Bola.com di Sleman, Rabu (29/7/2020).

“Jadi akan kami mulai dari nol. Hasil laga Liga 2 2020 untuk tim yang sudah memainkan satu laga di awal kemarin, dipastikan tidak dianggap,” tuturnya.

Format Baru
PT LIB memastikan Liga 2 digelar dengan format baru, yaitu pembagian empat grup di fase penyisihan. Beda dengan sebelumnya yang terbagi dalam dua wilayah. Sebanyak tujuh tim telah mengajukan diri bersaing menjadi tuan rumahnya.

Ketujuh klub yang mengajukan diri secara resmi kepada PT LIB antara, yaitu KS Tiga Naga, Badak Lampung FC, Sulut United, Kalteng Putra, PSCS Cilacap, Persijap Jepara, dan Persis Solo. Hal itu disampaikan oleh Direktur Operasional PT LIB, Sudjarno.

“Formatnya jelas baru, kami buat empat grup. Mungkin satu grup di Kalimantan, satu di Sumatra, dan dua di Jawa. Untuk sementara baru tujuh tim itu yang mengajukan diri,” beber Sudjarno saat ditemui Bola.com di Sleman, Rabu (29/7/2020).

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.