Piala AFF 2020 Ditunda, Kiper Timnas Indonesia: Sama-sama Diuntungkan

Penjaga gawang Timnas Indonesia, Nadeo Argawinata menyambut positif penundaan penyelenggaraan Piala AFF 2020. Kejuaraan dua tahunan itu diputuskan diundur pelaksanaanya hingga tahun depan.

Kiper Bali United FC ini mengatakan, penundaan seperti ini memang tidak bisa dihindari. Pasalnya, pandemi COVID-19 memang belum rata melandai di semua negara Asia Tenggara.

Apalagi sejak 2018, format Piala AFF berubah menjadi separuh kandang dan tandang mulai babak penyisihan grup. Jadi, memang berisiko jika memaksakan terselenggara pada tahun ini, walaupun digelar pada November-Desember.

Hikmah lain dengan penundaan ini adalah timnas negara peserta bisa melakukan persiapan lebih lama. Minimal tidak terburu-buru.

“Saya rasa sih malah menjadi keuntungan bisa dibilang begitu, soalnya persiapan menjadi lebih lama, ya kan?” ujar Nadeo kepada Bola.net, Jumat (31/7).

“Keuntungan bukan buat Indonesia saja sih, semua negara pasti berpikiran seperti itu, mungkin ya,” katanya menambahkan.

Mengejar Kepercayaan
Ditanya soal peluang menembus skuad utama Timnas Indonesia untuk ke Piala AFF, Nadeo mengaku siap memperjuangkannya. Sepanjang dapat kepercayaan dari tim pelatih, ia pasti akan menjawabnya dengan kerja keras.

“Ya kalau saya sih optimistis saja kalau memang dipercaya untuk main. Kalau dipercaya masuk skuad pasti menunjukkan 100 persen, kayak gitu aja sih,” imbuh Nadeo.

Pastinya, persaingan di posisi kiper itu ketat. Selain Nadeo, banyak juga penjaga gawang lain yang siap memikat hati manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Maka dari itu, diperlukan kerja keras untuk dapat kepercayaan dari juru racik asal Korea Selatan tersebut.