Pelatih Persib yang Masih Tampak Lemas Seusai Pasang Ring Jantung, Ini Kata Umuh Muchtar

Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Umuh Muchtar, semringah melihat kondisi kesehatan Robert Rene Alberts yang terus membaik.

Pelatih kepala Persib itu baru saja keluar dari rumah sakit, usai menjalani operasi jantung.

Seperti diketahui, Robert Rene Alberts dilarikan ke rumah sakit pada Selasa (21/7/2020) dini hari WIB, karena mengalami serangan jantung.

Setelah pemeriksaan lebih lanjut, Robert Rene Alberts pun langsung menjalani operasi pemasangan ring.

Kondisi sang pelatih pun terus membaik hingga dia diperbolehkan pulang pada Sabtu (25/7/2020).

Rene Alberts pun kini mulai bisa kembali menjalani aktivitasnya, meski masih terbatas.

Pelatih asal Belanda itu juga tampak hadir dalam pertemuan yang diadakan manajemen Peraib bersama para pemain dan pelatih, di Graha Persib, Kota Bandung, Rabu (29/7/2020).

“Kondisi Robert sudah sehat ya Alhamdulillah. Meski masih terlihat lemas, karena baru operasi, tapi lihat kondisinya sekarang sudah jauh lebih bagus,” kata Umuh kepada wartawan.

Kendati kondisi Robert sudah jauh lebih baik, Umuh menyarankan agar Robert tidak memaksakan diri untuk langsung memimpin sesi latihan Persib.

Terlebih, bila kondisi kesehatannya belum fit seratus persen.

Umuh menyarankan, kalau pun Robert ingin tetap datang ke sesi latihan tim, sebaiknya dia hanya memantau latihan anak asuhnya di pinggir lapangan.

“Saya belum tahu apakah dia akan langsung memimpin latihan atau hanya memantau di samping lapangan. Yang jelas, dia sudah lebih baik dan lebih sehat,” ujar Umuh, menyarankan.

“Namun, yang penting jangan memaksakan kalau kondisinya belum seratus persen.”

Terkait jadwal sesi latihan bersama tim Persib, Umuh mengaku, belum bisa memastikan.

Kemungkinan besar, Supardi Nasir dkk akan memulai sesi latihan pada awal Agustus mendatang.

Hal tersebut dikarenakan para pemain dan pelatih Persib sudah sepakat untuk ikut aturan PSSI terkait penyesuaian gaji yang akan diberikan saat kompetisi berjalan.

Dengan adanya kesepakatan tersebut, Persib pun tinggal mengatur jadwal sesi latihan bersama sebagai persiapan menghadapi kelanjutan Liga 1 2020 pada 1 Oktober mendatang.

“Pemain tidak ada masalah, mereka sudah setuju dengan manajemen, sudah dibacakan aturan PSSI dan mengerti,” ungkap Umuh. (Kontributor Bola/Septian Nugraha)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Umuh Muchtar Sarankan Robert Alberts Fokus pada Pemulihannya”,