Pasukan Muda Dipanggil Timnas, Persebaya Terancam Tak Ada Pemain U-20

Liga 1 2020 dipastikan punya regulasi baru. Semua klub wajib menurunkan dua pemain U-20 setiap laga. Aturan itu dilakukan untuk mendapatkan skuad terbaik bagi timnas di ajang Piala Dunia U-20 tahun depan.

Masalahnya, Persebaya Surabaya mungkin tidak bisa memenuhi regulasi itu. Memang, saat ini Green Force –julukan Persebaya– punya tiga pemain di bawah usia 20 tahun. Mereka adalah Rizky Ridho, 19; Ernando Ari Sutaryadi, 18; dan M. Supriadi, 18. Tapi, tiga pemain tersebut kini masuk skuad timnas U-19.

Saat ini ketiganya melakoni training center di Jakarta. Itu adalah persiapan menjelang kejuaraan AFC U-19. Ajang tersebut akan dihelat di Uzbekistan pada 14–31 Oktober. Jadwal itu bersamaan dengan kickoff Liga 1 2020 pada 1 Oktober. Jika Rizky, Ernando, dan Supriadi masuk skuad, praktis Persebaya tidak menyisakan pemain di bawah usia 20 tahun.

Hal itulah yang kini dipikirkan Aji Santoso. Pelatih Persebaya tersebut masih harus menunggu kepastian tiga pemainnya. Apakah tetap masuk skuad timnas U-19 atau tidak. ’’Seumpama tiga pemain itu (Rizky, Ernando, dan Supriadi) tetap gabung timnas dan tidak pulang ke Surabaya, kami harus cari alternatif lain,’’ jelas pelatih asal Kabupaten Malang tersebut kepada Jawa Pos.

Salah satu yang bisa menjadi solusi adalah mencari pemain di skuad Persebaya U-20. Aji menilai itu merupakan solusi terbaik saat ini. Sebab, Liga 1 2020 juga dipastikan tanpa bursa transfer. ’’Kami harus manfaatkan pemain tim junior di Persebaya U-20. Dilihat siapa nanti yang layak untuk bisa berlatih dengan tim senior,’’ tambah mantan pelatih Persela Lamongan dan Arema FC tersebut.

Tapi, bukan perkara mudah mencari pemain muda yang punya kualitas bagus. Musim ini saja hanya ada dua pemain dari tim U-20 yang dipromosikan ke tim senior. Yakni, Rizky dan Ernando.

Salah satu posisi yang mungkin dipilih nanti adalah kiper. Sebab, saat ini Persebaya hanya menyisakan satu pemain di posisi penjaga gawang. Hanya Angga Saputro yang siap tampil. Sebab, dua kiper lainnya, Rivky Mokodompit dan Ernando, masuk skuad timnas. ’’Untuk kiper, kami juga akan ambil dari Persebaya U-20. Karena tidak mungkin hanya ada satu kiper dalam sesi latihan,’’ jelas Aji.

Angga saat ini memang masih berdinas dengan kesatuannya di Pomdam V/Brawijaya. Tapi, kiper 26 tahun itu sudah mengajukan izin untuk kembali ke skuad Green Force. Artinya, bulan depan mantan kiper Tira Persikabo tersebut bisa bergabung jika latihan sudah dimulai.