Jadi Markas 3 Klub Liga 1, Begini Harapan UPT Stadion Maguwoharjo

Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, dipilih oleh tiga klub peserta Liga 1 untuk digunakan sebagai markas lanjutan kompetisi 2020.

Tiga klub Liga 1 yang memilih Stadion Maguwoharjo adalah Borneo FC, PSM Makassar, serta PSS Sleman tentunya sebagai tim yang memang berdomisili di sana sejak musim lalu.

Borneo FC dan PSM Makassar memilih Stadion Maguwoharjo karena memang pada dasarnya lanjutan Liga 1 2020 bakal berpusat di Pulau Jawa.

Tim yang berasal dari luar Pulau Jawa dipusatkan di Yogyakarta sehingga PT LIB (Liga Indonesia Baru) menyediakan dua stadion, yakni Stadion Maguwoharjo, Sleman, dan Stadion Sultan Agung, Bantul.

Hal itu dilakukan untuk mempermudah transportasi dan tentunya untuk meminimalisir penyebaran pandemi COVID-19.

Meski Maguwoharjo telah dipilih oleh tiga klub Liga 1, ternyata menurut Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) stadion, Sumadi, sampai saat ini baru PSS Sleman yang telah meminta izin.

Sumadi mengaku bahwa ia baru mendengar dari wartawan yang menanyakan keterkaitan adanya tiga klub yang ingin memakai Maguwoharjo.

“Yang sudah jelas dan pasti sampai saat ini baru PSS Sleman. Yang lain mungkin masih ke PT LIB sebagai langkah pengajuannya,” kata Sumadi kepada BolaSport.com, Jumat (31/7/2020).

Menurutnya tidak masalah dengan adanya tiga klub yang memilih Stadion Maguwoharjo sebagai markas untuk lanjutan Liga 1.

Hanya, Sumadi berharap agar proses perawatan rumput nantinya diberi jeda waktu.

Oleh karena itu ia berharap jadwal pertandingan dari PT LIB nantinya tidak menimbulkan asalah pada kondisi rumput yang dimiliki oleh Stadion Maguwoharjo.

“Harapan kami dalam penyusunan jadwal dari PT LIB, bisa diberi jeda untuk penyesuaian dan perawatan rumput yang dipakai,” ucapnya.

Sumadi juga mengungkapkan waktu ideal untuk perawatan rumput setelah digunakan saat pertandingan.

“Untuk perawatan rumput itu jedanya minimal tiga hari. Dalam satu minggu maksimal hanya ada dua kali pertandingan,” ujar Sumadi.

Selain itu, mengenai kekurangan dari stadion sendiri, Sumadi mengatakan bahwa pihaknya menunggu verifikasi olehh PT LIB.

Saat dihubungi BolaSport.com, PT LIB sebelumnya menyatakan bahwa dua stadion yang ada di Yogyakarta telah terverifikasi dan layak untuk digunakan.

“Kalau untuk kekurangan soal lapangan, nanti kami tunggu hasil verifikasi dari PT LIB. Tetapi, kalau mau dipakai, kapan saja sudah siap lapangannya,” tutur Sumadi.