Pelatih Jepang Nilai Lawan Timnas U-16 Indonesia Tak Akan Mudah

Timnas U-16 Jepang berada dalam satu grup dengan timnas U-16 Indonesia di Piala Asia U-16 2020 yang rencananya digelar di Bahrain, pada 25 November-12 Desember mendatang.

Jepang berada di Grup D Piala Asia U-16 2020 bersama dengan timnas U-16 Indonesia, Arab Saudi, dan juga China.

Jika timnas U-16 Indonesia telah memulai latihan sejak Senin, 6 Juli 2020 lalu, Jepang mulai mempersiapkan tim di tengah keterbatasan.

Seperti diketahui, dengan adanya pandemi virus corona (Covid-19) ini semua kegiatan dilakukan dalam keterbatasan termasuk untuk kegiatan sepak bola.

Keterbatasan itu dialami oleh Jepang yang tengah mempersiapkan timnas U-16 untuk menghadapi Piala Asia U-16 2020.

Apalagi Jepang memiliki target tinggi pada ajang tersebut agar bisa lolos ke Piala Dunia U-17 2021 yang akan berlangsung di Peru.

Untuk bisa lolos ke Piala Dunia U-17, tentu saja Jepang harus masuk dalam empat besar Piala Asia U-16 2020.

Hal itu karena nantinya empat tim yang lolos ke empat besar akan langsung mendapatkan tiket ke Piala Dunia U-17.

Menanggapi hal itu, pelatih timnas U-16 Jepang, Yoshihiro Moriyama tak ingin memandang lawan yang dihadapinya dengan mudah, termasuk Indonesia.

Seperti diketahui, timnas U-16 Indonesia masuk Grup D saja sudah menjadi perbincangan karena disebut ke dalam grup neraka.

Meski begitu, timnas U-16 Indonesia tak bisa dianggap mudah.

Sebab, dua tahun sebelumnya timnas U-16 Indonesia yang saat itu dibesut Fakhri Husaini mengejutkan publik karena bisa mencapai perempat final.

“Kesan pertama saya saat melihat Grup D adalah penuh dengan lawan yang sangat sulit dan tentunya pertempuran sengit itu menunggu kami,” kata Yoshihiro Moriyama sebagaimana dilansir BolaSport.com dari laman JFA.JP.

Di tengah keterbatasan itu, Yoshihiro Moriyama mengatakan akan tetap menyiapkan tim dengan baik.

“Tapi saya tetap akan menyiapkan tim dengan baik dan benar. Saya juga benar-benar memanti pertarungan seperti apa yang dapat ditunjukkan oleh para pemain saya,” ucapnya.

Untuk ketiga kalinya menukangi timnas U-16 Jepang di Piala Asia, Yoshihiro Moriyama tetap optimis.

Apalagi ia bisa dibilang cukup sukses membawa Jepang hingga sekarang.

Yoshihiro Moriyama pada 2016 mereka harus puas terhenti di babak semifinal.

Tetapi pada 2018, Yoshihiro Moriyama mampu membawa timnas Jepang membawa pulang gelar juara Asia dan tentunya lolos ke Piala Dunia U-17.

Sang juru taktik itu mengaku bahwa saat ini timnas U-16 Jepang berada di bawah keterbatasan.

Bahkan ia sempat merasa ragu dengan target dari Federasi sepak bola Jepang (JFA).

“Jujur saja, saya tidak bisa berbuat banyak karena adanya Covid-19 ini dan situasinya juga berbeda di masa persiapan tahun-tahun sebelumnya,” ujarnya.

“Tetapi turnamen ini menjadi gerbang ke Piala Dunia U-17 2021. Jika lolos, untuk pertama kalinya Jepang bermain di dua Piala Dunia bersamaan dengan Piala Dunia U-20.”

“Untuk itu di Piala Asia bulan November nanti, kami akan melakukan yang terbaik dan mempersiapkan tim dengan situasi terbatas ini,” tutur Yoshihiro Moriyama.