Sepekan TC, Adaptasi Timnas Indonesia U-16 Menggembirakan

Timnas Indonesia U-16 sudah melaksanakan pemusatan latihan (TC) di Bekasi selama satu pekan. Sejak dimulai pada 6 Juli lalu, para pemain dinilai mampu beradaptasi dengan baik dalam segala hal.

Yang paling jadi catatan tentu adalah bagaimana pemain harus punya disiplin ekstra menjaga diri mereka dan menerapkan protokol kesehatan. Maklum, situasi saat ini sedang berbeda, karena tengah terjadi wabah virus corona.

Bima Sakti selaku pelatih kepala menuturkan bahwa anak asuynya tidak menemui kendala untuk menjalankan segala aturan dengan baik. Para pemain dan ofisial juga sudah melakukan rapid test hingga swab test sebelum memulai TC.

“Protokol kesehatan harus dijalani dengan baik, itu semua ada pengawasan dari tim dokter. Para pemain kami lihat cepat beradaptasi pada TC kali ini mengingat semua kegiatan latihan harus melalui sejumlah protokol kesehatan, terutama penggunaan alat pelindung diri seperti masker,” urai Bima.

“Selain itu para pemain juga tetap diminta melakukan physical distancing satu sama lain baik sebelum atau sesudah latihan berlangsung. Demi kebaikan bersama, TC timnas U-16 dilaksanakan secara tertutup baik untuk penonton maupun media,” sambung mantan kapten timnas Indonesia tersebut.

Resa Aditya – Timnas Indonesia U-16 – Persija
Intensitas latihan dikembangkan secara bertahap, kondisi para pemain tidak terlalu menurun karena sudah punya bekal dengan latihan secara virtual dari rumah masing-masing, sejak dibubarkan dari TC Cikarang, Maret lalu.

“Kami mulai Senin lalu, latihan pengenalan lagi untuk filanesia [filosofi sepakbola Indonesia], kemudian untuk latihan memang dengan interval yang tetap jaga jarak,” tutur Bima.

“Kalau tim pelatih tidak bisa memaksakan, karena ini berbeda. Perkembangan pemain juga ada kemajuan setiap harinya. Adaptasi latihan di minggu kedua akan berbeda nanti,” tutup mantan gelandang Persiba Balikpapan tersebut.

Sebagaimana diketahui, TC ini merupakan rangkaian persiapan Garuda Muda menuju Piala Asia U-16 2020 yang akan dilaksanakan November nanti, di Bahrain. Indonesia lolos ke ajang tersebut lewat jalur kualifikasi, berstatus runner-up terbaik.

Di Bahrain nanti, ujian berat akan dihadapi timnas U-16 mulai dari fase grup. Tergabung di Grup D, lawan-lawan dengan reputasi gemilang menanti Indonesia, seperti Arab Saudi, Tiongkok, dan pengoleksi gelar terbanyak Piala Asia U-16, Jepang.