Mungkinkah Ada Bursa Transfer Sebelum Shopee Liga 1 2020 Dilanjutkan? Ini Kata PT LIB

Tiga bulan sebelum Shopee Liga 1 2020 dilanjutkan, Persikabo mendapatkan kabar buruk. Pemain asingnya asal Finlandia, Petteri Pennanen, menolak untuk kembali ke Indonesia.

Pennanen emoh datang ke Indonesia karena pandemi virus corona yang belum membaik. Untuk mencari solusinya, Persikabo akan menjual gelandang berusia 29 tahun ini ke klub Finlandia.

Kepergian Pennanen nantinya akan meninggalkan lubang dalam skuad Persikabo. Sialnya, tim berjulukan Laskar Pajajaran ini belum tentu dapat mencari penggantinya atau menambah pemain untuk lanjutan Shopee Liga 1.

Sebab, PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator Shopee Liga 1 belum bisa memastikan apakah ada transfer window atau pendaftaran pemain baru sebelum kompetisi dimulai. Pasalnya, status kompetisi adalah melanjutkan musim 2020 yang telah bergulir selama tiga pekan.

“Dalam waktu dekat kami berencana menggelar pertemuan virtual dengan para peserta Shopee Liga 1. Soal pemain juga akan menjadi agenda diskusinya,” ujar Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita kepada Bola.com, Senin (13/7/2020).

Jadwal Bursa Transfer Indonesia

Semestinya, bursa transfer paruh musim Shopee Liga 1 akan dimulai. Di laman FIFA, untuk kompetisi Indonesia, periode pendaftaran pemain yang kedua bakal dibuka pada 20 Juli hingga 19 Agustus 2020.

Namun, bursa transfer paruh musim tersebut masih mengikuti jadwal semula Shopee Liga 1 sebelum ditangguhkan akibat COVID-19.

Sementara itu, setelah vakum lama, Shopee Liga 1 diputuskan untuk kembali dimulai pada 1 Oktober 2020. Kompetisi akan berlangsung selama lima bulan dan berakhir pada 29 Februari tahun depan.