23 Pemain Timnas Indonesia U-16 Untuk Piala Asia Maksimal Diumumkan Awal November

Pelatih timnas Indonesia U-16 Bim Sakti, mengatakan daftar nama yang dibawanya untuk Piala Asia U-16, bakal diumumkan paling lama pada awal November mendatang. Seluruh pemain yang kini menjalani pemusatan latihan (TC) memiliki kesempatan yang sama.

Timnas Indonesia U-16 sudah menggelar TC di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, sejak 6 Juli sampai dengan 29 Juli mendatang. Sebanyak 26 pemain dipanggil untuk mengikuti agenda tersebut.

Perkembangan para pemain yang menjalani TC memuaskan. Bima menyebut anak asuhnya terus menunjukkan kemajuan positif dalam setiap hari sesuai dengan ekspektasinya ketika menyusun program latihan.

TC tersebut merupakan rangkaian persiapan timnas Indonesia U-16 jelang tampil pada Piala Asia U-16. Ajang tersebut bakal digelar di Bahrain, pada 25 November hingga 12 Desember 2020.

Tiga lawan kuat menanti timnas Indonesia U-16 di babak penyisihan grup Piala Asia U-16. Mereka menempati Grup D bersama Jepang, Arab Saudi, dan Tiongkok.

“Kami sudah punya kerangka. Dari 26 pemain kami akan pulangkan tiga karena menurut regulasi 23 pemain. Jadi kemungkinan Agustus jika kira-kira ada pemain yang kami butuhkan bisa diganti juga, jika ada yang lebih baik,” kata Bima.

Eks Persiba Balikpapan tersebut menjelaskan tak menutup peluang memanggil pemain baru ke timnas Indonesia U-16. Hanya saja, ia merasa pasukannya sudah mengenal satu sama lain karena sudah lama berkumpul bersama.

“Jadi mungkin nanti kepada direktur teknik PSSI Indra Sjafri saya bilang akhir Oktober atau awal November paling lama sudah terbentuk. Kami juga tidak ingin terlalu lama,” ucap sosok berusia 44 tersebut.

Tak hanya sekadar berlatih, timnas Indonesia U-16 juga mengagendakan uji coba lokal dalam TC ini. Upaya tersebut untuk mengukur kekuatan Marselino Ferdinan dan kawan-kawan selama berlatih.

Bahkan, timnas Indonesia U-16 berencana menggelar pertandingan uji coba internasional. Federasi sepakbola Yordania (JFA), sudah menyampaikan ajakannya untuk melaksanakan partai itu.

Cuma, timnas Indonesia U-16 belum bisa memutuskan menerima atau menolak uji coba dengan Yordania. Tim pelatih Garuda Muda, menunggu perkembangan virus corona terlebih baru mengambil keputusan.