Timnas U19 Lacak Pemain Keturunan, Isu Naturalisasi Muncul Lagi

Isu naturalisasi berembus di tubuh timnas U19 Indonesia tatkala dikabarkan tengah melacak pemain keturunan yang saat ini bermain di luar negeri.

Rumor pemain keturunan yang bakal dinaturalisasi muncul bertepatan dengan gelaran Piala Dunia U20 2021.

Sebelum isu tersebut beredar, timnas U19 Indonesia sebenarnya lebih dulu memasukkan beberapa nama pemain keturunan saat Shin Tae-yong menggelar training centre (TC) pertama di Thailand.

Beberapa pemain keturunan yang sudah masuk radar untuk membela timnas U19 Indonesia adalah Joe Ferguson (Blackburn Rovers U-18), Jack Brown (Lincoln City FC U-18), dan Elkan Baggott (Ipswich Town U-18).

Kabar program naturalisasi ini semakin kencang berembus karena PSSI ingin memuluskan target timnas U19 Indonesia pada Piala Dunia U20.

Dikatakan bahwa Timnas U19 Indonesia tengah berupaya menjalin komunikasi dengan beberapa pemain keturunan yang bermain di luar negeri.

Asisten Pelatih timnas U19 Indonesia, Nova Arianto, membenarkan sudah ada komunikasi dengan beberapa pemain keturunan Indonesia yang berkarier di luar negeri.

Namun, Nova Arianto belum bisa memberikan penjelasan secara detail terkait berapa jumlah pemain keturunan Indonesia yang sudah menjalin komunikasi dengan staf pelatih timnas U19 Indonesia.

Nova menambahkan, data pemain keturunan Indonesia yang sudah didapat langsung dilaporkan kepada pelatih timnas U19 Indonesia, Shin Tae-yong.

“Ditunggu aja ya dan semua sudah dilaporkan ke coach Shin Tae-yong untuk data dan videonya,” ujar mantan pemain Persib Bandung ini.

Sebelumnya, salah satu pemain keturunan Indonesia, Nyoman Paul Aro, mengaku sudah menjalin komunikasi dengan Nova Arianto.

Kabar soal keinginan Paul Aro membela timnas dibenarkan oleh Nova Arianto.

Namun, Nova mengatakan, komunikasi dengan Paul Aro hanya sebatas meminta data dari sang pemain.

“Ya, benar cuma komunikasi untuk minta video dan CV (curriculum vitae) nya aja,” ungkap pria berusia 41 tahun ini.

Nova menambahkan, nama Paul Aro dan pemain keturunan Indonesia yang dikumpulkan datanya bukan rekomendasi Shin Tae-yong.

“Bukan, cuma staf mengumpulkan data dan nama-nama pemain keturunan indonesia dan bermain di luar,” ujar Nova. (Abdul Rohman)