Shin Tae Yong Beri Kebebasan Bima Sakti dalam Melatih Timnas U-16

Pelatih Timnas Indonesia U-16 Bima Sakti mengungkapkan dirinya mendapatkan kebebasan dan dukungan dari Shin Tae Yong dalam menjalankan program latihannya.

Timnas U-16 saat ini sedang menjalani pemusatan latihan Timnas U-16 di Bekasi. Mereka bersiap untuk tampil di Piala Asia U-16 2020 di Bahrain bulan September mendatang.

Bima Sakti sebelumnya telah mendapat banyak pelajaran ketika melihat Timnas U-19 berlatih dibawah Shin Tae Yong langsung pada awal tahun.

“Kemarin pada bulan Maret sempat bertemu dengan Shin Tae-yong,” kata Bima kepada awak media.

“Kami waktu itu bertemu bersama dengan ofisial, saya bertanya ke Shin Tae-yong, ‘Coach, bagaimana dengan timnas U16’ Kemudian dia bilang ‘Kamu jalankan saja semua’.”

Salah satu komponen latihan yang didapat Bima Sakti dari pelatih asal Korea Selatan itu adalah soal fisik pemain.

“Terutama bagi pelatih fisik, mungkin agar tim pelatih fisik bisa belajar dari tim pelatih Shin Tae-yong,” ucap Bima.

“Karena kemarin Coach Shin Tae-yong banyak berlatih fisik dan mengizinkan kami untuk belajar,” tutur dia.

Bima Sakti juga mengatakan dirinya rutin memberikan perkembangan latihan para anak asuhnya ke PSSI, dalam hal ini direktur teknik timnas Indra Sjafri.

“Soal laporan, kami tidak ada laporan khusus ke beliau, tetapi kami selalu melaporkan kegiatan kami soal perkembangan pemain ke direktur teknik, Coach Indra Sjafri, jadi kami komunikasikan ke beliau perkembangan tim,” ujar Bima Sakti.

Di Piala Asia U-16, Indonesia tergabung bersama Jepang, China, dan Uni Emirat Arab.