Renovasi 6 Stadion Piala Dunia U-20 Hanya Dilakukan Selama 7 Bulan

Enam stadion yang akan digunakan sebagai venue pada gelaran Piala Dunia U-20 2021 ditargetkan rampung dalam proses renovasi pada Februari tahun depan.

Dalam sesi jumpa pers di GBK Arena, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (10/7/2020), Wakil Ketua penyelenggara Piala Dunia U-20 (INAFOC), Iwan Budianto sudah memberikan target kepada pihak yang bertugas dalam merovasi enam stadion tersebut.

Enam Stadion yang akan digunakan dalam gelaran Piala Dunia U-20 2021 adalah Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Jakabaring (Palembang), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya) dan Stadion Kapten I Wayan Dipta (Gianyar).

Iwan Budianto mengatakan, pihaknya sudah melakukan rapat dengan beberapa pihak demi mensukseskan Piala Dunia U-20.

Pria asal Malang tersebut berharap agar Kementerian PUPR bisa merampungkan renovasi enam stadion tersebut pada Februari 2021.

“Melalui pak Sesmenpora (Gatot) atas saran pak Menpora (Zainuddin Amali) kami sudah meeting beberapa kali dengan beberapa kementerian,” ujar Iwan Budianto.

“Terakhir dengan PUPR, kami deadline bulan Februari semuanya selesai, Insya Allah,” tambah Iwan Budianto.

Sementara itu, Iwan Budianto menambah, renovasi enam stadion tersebut akan dimulai setidaknya pada Agustus 2020.

“Pengadaannya di tanggal 1 Agustus sudah mulai start, sedangkan pekerjaan fisik 15 hari atau satu Minggu kemudian,” ucap pria berusia 46 tahun.

Lebih lanjut, terkait dengan apa saja yang harus direnovasi, Iwan Budianto mengatakan, mulai dari rumput, ruang ganti pemain dan lainnya masih perlu mendapatkan perbaikan.

“To do list nya banyak, rumput harus diperbaiki, kemudian lampu harus ditingkatkan menjadi 2400 lux,” kata pria yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua PSSI.

“Kemudian ruang ganti, ada kemudahan untuk menggunakan kontainer seperti yang digunakan Bhayangkara FC di PTIK (Melawai, Jakarta Selatan),” sambungnya.

Piala Dunia U-20 2021 dijadwalkan akan berlangsung di Indonesia mulai 20 Mei sampai 11 Juni 2021.