Pemerintah Bantu Pembiayaan Timnas Indonesia U-19

Pemerintah tidak hanya ingin meraih kesuksesan sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021, tapi juga mengharapkan prestasi bagus diperoleh timnas Indonesia U-20 di ajang tersebut.

Salah satu upaya mewujudkan ambisi itu, pemerintah bakal membantu pembiayaan timnas U-19, sehingga mereka tidak sekadar memeriahkan turnamen junior tersebut. Hal ini diungkapkan menteri pemuda dan olahraga (Menpora) Zainudin Amali.

Zainudin mengatakan, rencana membantu timnas U-19 sudah disampaikan melalui rapat internal kabinet terbatas beberapa hari lalu. Dalam rapat itu, Kemenpora memastikan akan membantu dan mendukung PSSI.

“Tugas kami tentang penyelenggaraan bersama-sama dengan PSSI, dan unsur-unsur lain. PSSI berkonsentrasi pada penyiapan tim nasional, dan mudah-mudahan kita segera mempersiapkan dan dapat berjalan lancar. Setelah keputusan Presiden jalan, antara PSSI, FIFA, dan Kemenpora, kami terus berkoordinasi,” kata Zainudin dilansir laman PSSI.

“Timnas Indonesia kami bantu pembiayaannya, saat ini anggaran dari PSSI sudah masuk dan dalam tahap review. Semoga segala sesuatunya menjadi ringan dan tak ada hambatan berarti dalam persiapan. Kami juga ingin Piala Dunia U-20 sukses secara penyelenggaraan, prestasi timnas, dan baik dalam administrasi.”

Zainudin menambahkan, pagelaran Piala Dunia U-20 akan mengangkat nama negara di dunia internasional, sehingga turnamen ini dianggap sebagai ujian bagi pemerintah dalam menyukseskan hajat besar.

“Ini hajat besar dari kita sebagai bangsa, ini pekerjaan kita semua. Mari sama-sama membuktikan Indonesia aman, bisa menyelenggarakan kegiatan kelas dunia. Kita diuji, jika kita mampu ke depan, kita bisa menjadi tuan rumah Piala Dunia (senior),” imbuh Zainudin dikutip laman resmi Kemenpora.

“Untuk enam venue masih diperlukan renovasi, baik kecil maupun besar. Itu menunggu Inpres (instruksi preside), dan nanti dilaksanakan oleh KemenPUPR (Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat), karena menyangkut infrastruktur.”

Sementara ketua umum PSSI Mochamad Iriawan menyatakan, PSSI sudah menerima rencana program latihan terbaru dari pelatih Shin Tae-yong. Komunikasi intensif dengan juru taktik asal Korea Selatan itu sudah dilakukan.

“Insya Allah, timnas akan kami tingkatkan performanya sesuai dengan harapan rakyat Indonesia. Kami juga berharap sukses untuk penyelenggaraan, venue, serta prestasi timnas di Piala Dunia U-20 2021 mendatang,” ucap Iriawan.