Pemain Persib Kim Jeffrey Bicara Bisnisnya yang Terkena Dampak Covid-19

Gelandang klub Liga 1 2020 Persib Bandung, Kim Jeffrey Kurniawan, mengaku beberapa bisnis yang dirintisnya di Kota Bandung terkena dampak dari pandemi corona atau covid-19.

Menurut Kim Jeffrey Kurniawan, pendapatan dari bisnis clothing dan pangkas rambut atau barbershop yang dijalaninya salama ini cukup terkena imbasnya. Meski begitu, pemain Persib Bandung itu tetap bersyukur kedua bisnis tersebut masih berjalan hingga saat ini.

“Ya bisnis sama seperti yang lain juga, ada naik turunnya. Tapi ya kita sama-sama doakan saja, sejauh ini masih oke,” kata Kim Jeffrey Kurniawan.

Adik ipar Irfan Bachdim ini menambahkan, dampak yang paling terasa dari covid-19 yakni pada barbershop-nya. Pasalnya, bisnis tersebut langsung kontak antara konsumen.

Meski begitu, Kim Jeffrey Kurniawan berusaha agar bisnis tersebut tetap jalan dan aman bagi konsumen dan pekerjanya, yakni dengan menerapkan protokol kesehatan, seperti menjaga jarak.

“Ya pasti merasa, apa lagi kita kan terbilang barbershop kan (kontak langsung dengan konsumen), pasti kita sebaik mungkin menerapkan physical distancing. Sehingga kan otomatis kapasitas tidak bisa penuh, jadi di situ pun terasa,” ungkap Kim.

“Kita harus mencari solusi untuk kesehatan nomor satu, bisnisnya berjalan juga. Kalau sekarang kan new normal juga kan, jadi ya adaptasi dengan hal itu juga,” jelas Kim Jeffrey Kurniawan menambahkan.

Selain Kim Jeffrey Kurniawan, beberapa pemain Persib Bandung lainnya juga merasakan langsung dampak pandemi corona terhadap bisnis yang dijalaninya, seperti Gian Zola dan Dedi Kusnandar yang memiliki usaha kuliner. Bahkan, mereka sempat menutup sementara tempat usahanya untuk mecegah penyebaran covid-19.