Menpora Targetkan Indonesia Bisa Jadi Tuan Rumah Piala Dunia

Penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2021 bakal menjadi ujian buat Indonesia untuk memperlihatkan kemampuan mengelola pergelaran akbar tingkat dunia.

Hal itu tersirat dalam pernyataan menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali, dalam diskusi virtual IDN Times bersama Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, dan Eks Manajer PSM Makassar Widya Syadzwina Situasi Room Lantai 9 Graha Pemuda Senayan Jakarta Pusat, Jumat (10/7) malam.

Menurut politikus partai golkar tersebut, Piala Dunia U-20 2021 merupakan langkah awal Indonesia untuk misi memenangkan hak menjadi tuan rumah di ajang yang lebih besar lagi yaitu Piala Dunia senior.

“Ini hajat besar dari kita sebagai bangsa, ini pekerjaan kita semua. Mari sama-sama membuktikan bahwa Indonesia aman, bisa menyelenggarakan kegiatan kelas dunia. Kita diuji, jika kita mampu ke depan kita bisa menjadi tuan rumah Piala Dunia (senior),” katanya.

Untuk itu persiapan matang telah dilakukan oleh Zainudin yang beberapa waktu lalu ditunjuk menjadi ketua persiapan Piala Dunia U-20 2021 (INAFOC). Salah satunya adalah infrastuktur.

“Untuk enam venue masih diperlukan renovasi baik minor maupun mayor, itu menunggu Inpres dan nanti dilaksanakan oleh KemenPUPR karena menyangkut infrastruktur,” katanya.

Jika punya niat besar, Indonesia bisa mengajukan diri menjadi tuan rumah di Piala Dunia 2030. Hingga saat ini, belum ada negara Asia yang secara resmi mengajukan proposal menjadi tuan rumah 2030.