Langkah PT LIB Terhadap Klub yang Masih Menolak Kelanjutan Shopee Liga 1 2020

Rencana PSSI untuk melanjutkan Shopee Liga 1 2020 tak sepenuhnya mendapatkan dukungan. Hal itu dibuktikan dengan masih adanya klub yang menolak rencana tersebut.

Mereka yang belum setuju Shopee Liga 1 2020 untuk dilanjutkan adalah Persebaya Surabaya, Barito Putera, Persik Kediri, hingga Persita Tangerang. PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator mengaku akan melakukan pertemuan dengan klub-klub tersebut.

PT LIB akan berusaha untuk meyakinkan klub-klub di atas agar setuju kompetisi dilanjutkan. Direktur Operasional PT LIB, Sudjarno, sadar proses komunikasi antara pihaknya dengan klub-klub tersebut belum lagi terjalin.

“Hal ini terjadi karena PT LIB belum berkomunikasi lagi sejak penangguhan kompetisi. Pekan depan kami akan melakukan virtual meeting dengan klub-klub itu,” kata Sudjarno kepada wartawan.

PT LIB sudah mengonfirmasi jadwal kickoff Shopee Liga 1 2020 dimulai 1 Oktober mendatang. Kompetisi dilanjutkan mulai pekan keempat dan rencananya berakhir pada 28 Februari 2021.

Kepastian itu tertuang dalam surat yang ditujukan PT LIB ke manajemen klub peserta Shopee Liga 1 2020 tertanggal 10 Juli 2020. Surat yang ditandatangani oleh Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita, memutuskan tujuh poin seputar kembali bergulirnya Liga 1.

Dalam surat itu dijelaskan lanjutan Liga 1 2020 akan bersistem kompetisi penuh alias double round robin dan seluruh pertandingan digelar tertutup. Selain itu, Kompetisi juga dilakukan terpusat di Jawa. Klub Shopee Liga 1 2020 yang berasal dari luar Jawa akan berpusat di Yogyakarta sebagai homebase.

“Kami akan berkomunikasi terkait dengan kejelasan, informasi, dan perkembangan yang sudah kami siapkan. Pada surat itu kami meminta data tentang rencana homebase mereka di mana kepada semua klub. Nanti dari surat itu, baru ada diskusi terkait dengan virtual meeting tadi,” tegas Sudjarno.

Tunggu Restu

Meskipun sudah menetapkan jadwal kelanjutan Shopee Liga 1 2020, namun PT LIB mengaku belum mengantongi restu dari Pemerintah. Rencananya, PT LIB akan melakukan pertemuan dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID‑19.

“Kami akan berbicara dengan gugus tugas pusat maupun daerah. Ini sudah menjadi bagian dari strategi kami,” tegas Sudjarno.

Selain itu, PT LIB juga berencana untuk mematangkan kelanjutan kompetisi dengan menggelar pertemuan bersama klub-klub Shopee Liga 1 2020. Rencananya, pertemuan yang akan digelar secara virtual itu berlangsung pada Jumat (17/7/2020).