Timnas Indonesia Harus Gotong Royong Kalau Mau Juara Piala AFF 2020

Saddil Ramdani optimistis pelatih tim nasional Shin Tae-yong mampu memenuhi target juara Piala AFF 2020. Hal itu karena para pemain juga punya ambisi yang sama.

Piala AFF akan digelar 23 November-31 Desember 2020. Undian baru akan dilakukan pada Agustus mendatang. Meskipun, belum ketahuan siapa yang menjadi lawan skuad senior, tapi PSSI sudah menancapkan target tinggi buat Shin. Mereka diharapkan bisa menjadi juara.

Situasi tersebut menjadi sulit karena timnas senior belum juga menjalani latihan di lapangan karena wabah COVID-19. Belum lagi, Shin sampai saat ini masih di Korea Selatan dan baru mengirimkan roadmap terbaru yang masih perlu penyempurnaan.

Tugas juga semakin menumpuk karena timnas senior masih harus menjalani tiga pertandingan sisa di Kualifikasi Piala Asia 2023. Mengomentari tingginya beban yang dilimpahkan kepada Shin, Saddil tak terlalu khawatir.

“Saya yakin dia (Shi Tae-yong) bisa. Apalagi kami juga punya keinginan tinggi (buat juara). Jadi bukan faktor coach Shin saja. Kami sebagai pemain yang terpilih nanti juga harus menunjukkan penampilan terbaiknya,” kata Saddil kepada pewarta dalam sambungan telepon, Senin (6/7/2020).

Menurut pemain berusia 21 tahun ini, Shin juga didukung dengan sikap profesionalnya selama melatih timnas. Saddil salah satu pemain yang merasakan disiplinnya pelatih berusia 49 tahun itu.

“Setelah beberapa pekan dilatih, orangnya (Shin Tae Yong) disiplin dan pekerja keras. Dia sangat mengutamakan kedisiplinan, kekompakan, dan intinya dia latihannya sangat keras,” dia menjelaskan.

“Kalau karakter ya setiap pelatih punya gaya melatih yang berbeda-beda tapi tujuannya tetap ingin melihat timnya maju dan bagus,” lanjutnya,

Striker Bhayangkara FC ini juga siap jika diminta untuk membela timnas senior. “Saya akan menunjukkan sekuat tenaga untuk membanggakan negara kita,” ucapnya.