Terkait Target PSSI, Begini Respons Shin Tae-yong

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong angkat bicara terkait perubahan target PSSI di Piala Dunia U-20 2021, Piala AFF 2020 dan 2022, serta peringkat FIFA Indonesia. Pelatih 51 tahun itu punya pandangan tersendiri dan menginginkan dukungan penuh.

Shin Tae-yong menyatakan, selama periode kontraknya atau selama empat tahun, prioritasnya adalah memperbaiki masalah mendasar, meletakkan dasar, dan meningkatkan kualitas sepak bola Indonesia menuju level yang lebih tinggi. Hal itu dimulai dari Piala Asia U-19 dan Piala AFF 2020.

“Tujuan utama adalah untuk lolos dari fase grup pada Piala Dunia U-20 tahun 2021 dan juara Piala AFF 2022. Oleh karena itu, yang lebih penting adalah Piala AFC U-19 2020 dan Piala AFF 2020 sebagai proses bagi kita untuk naik ke level yang lebih tinggi,” ujarnya.

Pelatih asal Korea Selatan itu berharap PSSI dan penggemar sepak bola nasional bersabar. Tidak mudah untuk membawa Timnas Indonesia berprestasi, apalagi dengan kondisi yang ada saat ini seperti rendahnya peringat FIFA dan fasilitas yang belum sempurna.

“Tidak ada pelatih yang tidak bertujuan untuk meraih kemenangan. Tapi sekarang saatnya untuk menginvestasikan waktu dan upaya untuk hasil di masa depan,” kata Shin Tae-yong.

“Tolong bantu saya untuk ini dengan semua orang di PSSI dan semua media yang peduli tentang sepak bola Indonesia,” tandas Shin Tae-yong.