PT LIB Sebut PSSI Masih Rayu Lima Klub yang Tolak Liga 1 Dilanjutkan

Direktur Operasional PT LIB, Sudjarno, mengatakan saat ini PSSI dan pihaknya sedang merayu lima klub yang menolak dilanjutkannya Liga 1 2020.

Seperti diketahui, PSSI telah memutuskan Liga 1 dapat kembali bergulir Oktober mendatang.

Namun, keputusan berlanjutnya Liga 1 2020 tersebut tak disambut positif oleh semua klub peserta.

Dari 18 klub peserta Liga 1 2020, ada lima klub yang menolak dilanjutkannya kompetisi terkait adanya pandemi virus corona (COVID-19).

Lima klub yang menolak tersebut yakni Persebaya Surabaya, Persik Kediri, Persipura Jayapura, Barito Putera, dan Persita Tangerang.

Sampai saat ini memang lima klub tersebut tetap kukuh menolak kelanjutan Liga 1 hingga pemerintah atau Gugus Tugas COVID-19 mengeluarkan izin diperbolehkannya kompetisi.

Namun, kompetisi sudah diputuskan PSSI bakal berlanjut pada Oktober meski sampai saat ini belum ada kejelasan kapan tepatnya Liga 1 dimulai.

Mengenai hal itu, PT LIB (Liga Indonesia Baru) sebagai operator kompetisi mengatakan bahwa untuk saat ini pihaknya dan PSSI terus berkomunikasi dengan klub-klub bersangkutan.

“Kami sudah menyurati dan berkomunikasi dengan PSSI. PSSI juga tengah berkomunikasi dengan klub (yang menolak),” kata Sudjarno kepada wartawan, Jumat (10/7/2020)

“Ini sekadar menjelaskan. Nanti juga ada virtual meeting, kami akan menjelaskan secara garis besarnya,” ucap Sudjarno lagi.

Sementara itu, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, sebelumnya juga menyatakan bahwa pihaknya akan berkomunikasi dengan klub.

Menurutnya, masih ada waktu tiga bulan menuju berlangsungnya kompetisi.

Selama tiga bulan itu, PSSI akan mencoba menyakinkan lima klub yang belum setuju Liga 1 dilanjutkan.

“Dalam situasi seperti ini, pelan-pelan kami akan berkomunikasi agar nantinya satu persepsi,” ujar Mochamad Iriawan.

“Di antara 18 klub ada beberapa yang menolak dan lebih banyak yang mau kompetisi dilanjutkan. Untuk perbedaan pendapat, tentu saja wajar terjadi sehingga kami akan mendiskusikan soal itu,” tuturnya.

PSSI dan PT LIB saat ini juga tengah menggodok regulasi dan membuat jadwal lanjutan kompetisi Liga 1 2020.