Didikan Keluarga Mengasah Mental Bertanding Marselino Ferdinan

Sejak bergabung tahun 2019 lalu, Marselino Ferdinan menjadi salah satu pemain paling menonjol di timnas U-16. Ia menjadi pencetak gol terbanyak bagi Indonesia di ajang kualifikasi Piala Asia U-16 dan Piala AFF U-15.

closeMeski begitu, perjalanan Marselino masih sangat panjang. Sebagai pemain muda, masih banyak hal yang harus diperbaiki oleh pemain Persebaya U-16 itu.

Nah, untuk membentuk mental bertanding tidak cepat puas, Marselino mendapat gemblengan keras dari keluarganya. Sang kakak, Oktafianus Fernando membagikan sedikit cerita bagaimana keluarga mendidik Marselino.

“Dari keluarga, baik saya maupun Marselino, di push terus. Misal Marselino main bagus yang dilihat kekurangannya. Pulang ke rumah atau setelah pertandingan dikasih tahu kekurangannya,” beber Oktafianus.

“Selalu push, tidak ada pujian. Kalau (main bagus,red) mungkin tidak terlalu diungkapin, tapi kalau ada kekurangan langsung dikasih tahu supaya memperbaiki,” tambah Oktafianus.

Dengan didikan seperti itu, Ofan pun percaya sang adik bisa berkembang. Setidaknya, cara tersebut sudah mendapat bukti nyata. Oktafianus kini bisa tampil konsisten ketika berseragam Persebaya.