Shin Tae-Yong Minta PSSI Kasih Detail TC Timnas Indonesia U-19 Di Korea Selatan

Manajer pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong, menginginkan PSSI mempersiapkan teknis pemusatan latihan (TC) timnas Indonesia U-19. Rencananya, agenda tersebut dilangsungkan di Korea Selatan.

Sebelum memulai TC tersebut, Tae-yong yang kini berada di Korea Selatan akan lebih dulu pulang ke Indonesia. Kepastian ini disampaikan lewat surat yang dikirimkan kepada ketua umum PSSI Mochamad Iriawan.

Semenjak tidak ada kegiatan sepakbola di Indonesia karena pandemi virus corona, Tae-yong memutuskan kembali ke negara asalnya. Ia, pulang bersama empat staf pelatih Garuda yang juga berasal dari negara tersebut yaitu Kim Hae-woon, Ko Gyun-gyun, Woo Jae-kim, dan Jae-hong Lee.

“Kami ingin informasi yang akurat tentang jadwal dan persiapan TC timnas U-19 di Korea Selatan. Jadwal saya dan tim pelatih dari Korea Selatan ke Indonesia, lalu periode isolasi, tempat isolasi, dan jadwal selama periode isolasi,” kata Tae-yong dikutip dari laman resmi PSSI.

Tae-yong menyatakan bakal berusaha keras membangun persepakbolaan Tanah Air, menjadi semakin kuat. Pria berusia 51 tahun dikontrak PSSI untuk menangani tiga timnas Indonesia, mulai dari senior, U-23, serta U-19 atau U-20.

Tentu pekerjaan tersebut tidak mudah untuk dipikul sendirian. Maka dari itu, Tae-yong berharap seluruh pihak memberikan dukungan penuh agar mampu menjalankan tugasnya secara maksimal.

“Tujuan utama adalah untuk lolos dari fase grup pada Piala Dunia U-20 tahun 2021 dan juara Piala AFF 2022. Oleh karena itu, yang lebih penting adalah Piala Asia U-19 2020 dan Piala AFF 2020 sebagai proses bagi kita untuk naik ke level yang lebih tinggi,” ujarnya.

“Tidak ada pelatih yang tidak bertujuan untuk meraih kemenangan. Tapi sekarang saatnya untuk menginvestasikan waktu dan upaya untuk hasil di masa depan. Tolong bantu saya untuk ini dengan semua orang di PSSI dan semua media yang peduli tentang sepakbola Indonesia,” ia menambahkan.

Mantan juru formasi Seongnam Ilhwa Chunma tersebut juga ingin membawa timnas Indonesia ke posisi ranking FIFA yang lebih baik. Hanya saja, ia butuh waktu karena ada proses yang wajib dilewati

“Saya ingin mendapat dukungan semua pihak, sehingga kami dapat memberikan harapan kepada semua orang Indonesia melalui sepakbola selama masa sulit ini. Sekali lagi saya ingin bertemu ketua umum PSSI di Indonesia sesegera mungkin dan membahas tentang rencana kami,” ucapnya.

Sedangkan ketua umum PSSI Mochamad Iriawan, menyatakan sudah membaca dan mempelajari program kerja serta surat yang diberikan Tae-yong. Ia mau mantan arsitek timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu, segera datang untuk membicarakan lebih lanjut.

“Iya saat ini PSSI menunggu Tae-yong untuk kembali ke Indonesia bertemu dengan kami. Saat ini kami terus berkoordinasi dengan Shin Tae-yong untuk jadwal ke Indonesia. Visa dan KITAS dia pun sudah ada,” tutur Iriawan.

Sebelumnya, PSSI sempat menolak TC timnas Indonesia U-19 dilangsungkan di Korea Selatan. Federasi sepakbola nasional tersebut lebih menginginkan agenda itu digelar di Tanah Air, dengan berbagai pertimbangan.