Persib Bandung Bayar Gaji Sesuai SK Baru PSSI

Persib Bandung memastikan mengubah gaji pemain, pelatih, dan ofisial. Manajemen Maung Bandung, akan mengikuti Surat Keputusan (SK) terbaru yang diterbitkan PSSI.

Semenjak kompetisi dihentikan pada pertengahan Maret lalu, karena pandemi virus corona, skuad Persib menerima gaji 25 persen dari nilai kontrak yang tertera. Keputusan tersebut sesuai dengan SK PSSI yang lama bernomor SKEP/48/III/2020.

Namun, ada perubahan soal besaran gaji saat PSSI memutuskan kompetisi musim ini dilanjutkan. Berdasarkan SK terbaru bernomor SKEP/53/VI/2020, klub Liga 1 diizinkan melakukan negosiasi ulang upah kepada pemain, staf pelatih, ofisial dengan kisaran 50 persen.

Hanya saja, pembayaran gaji tersebut baru berlaku satu bulan sebelum dan sampai berakhirnya kompetisi. Artinya, aturan itu bisa diterapkan pada September, karena kompetisi dimulai Oktober mendatang.

“Nilai kontrak yang akan kami buat akan mengikuti arahan dari PSSI. Kami tidak akan ke luar dari kebijakan PSSI,” kata Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Umuh Muchtar.

“Kami patuhi dan berjalan dalam koridor [SK terbaru] PSSI. Kami tidak akan neko-neko yang bisa memunculkan kegaduhan,” Umuh menambahkan.

Pria berusia 72 tahun tersebut berkeyakinan pasukan Robert Rene Alberts bisa menerima besaran gaji itu. Krisis keuangan karena pandemi virus corona yang membuat Persib tak bisa membayar upah sesuai dengan kontrak yang ada.

“Kami akan melaporkannya pada PSSI atas kesepakatan yang sudah dibuat soal nilai kontak,” ucap sosok asal Jawa Barat tersebut.

Selain itu, Umuh menurutkan dalam beberapa hari ke depan Febri Hariyadi dan kawan-kawan memulai persiapan Liga 1 2020. Mayoritas pemain Persib sudah melakukan tes polymerase chain reaction (PCR), untuk memastikan terbebas dari virus corona.

Protokol kesehatan ketat diterapkan saat latihan dilaksanakan. Langkah ini untuk menjamin pasukan Persib tidak terpapar virus corona, yang penyebarannya masih luas di Tanah Air.

“Pelatih yang ambil keputusan minggu ini kami latihan. Meski tidak semua pemain ikut latihan nanti,” ucap pria yang karib disapa Uwak Haji tersebut.