Menpora Menunjuk Iwan Budianto Jadi Wakil Ketua INAFOC

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, resmi menunjuk Iwan Budianto sebagai Wakil Ketua Panitia Penyelenggara Piala Dunia U-20 2021 (INAFOC). Iwan Budianto akan mendampingi Zainudin Amali sebagai Ketua Umum INAFOC.

Keputusan itu diungkapkan Zainudin Amali ketika meresmikan kantor INAFOC yang berlokasi di GBK Arena. Zainudin Amali menyebut Iwan Budianto yang akan ada di kantor INAFOC setiap harinya mengurusi Piala Dunia U-20 2021.

“Yang akan berada setiap hari di sini adalah Pak Iwan Budianto sekaligus menjadi Wakil Ketua Penyelenggara. Untuk susunan yang lain, belum bisa saya umumkan,” kata Zainudin Amali kepada wartawan di Jakarta, Jumat (10/7/2020).

“Baru beliau saja karena untuk struktur kepanitiaan yang lain kami masih menunggu dari FIFA,” tegas Zainudin.

Saat ini FIFA, seperti dikatakan Zainudin Amali, sedang menyusun struktur kepanitiaan yang disesuaikan dengan kebutuhan. Hal itu dilakukan sebelum mempublikasikannya secara utuh ke publik karena INAFOC akan mengikuti panduan yang diberikan FIFA.

Iwan Budianto yang terpilih sebagai Wakil Ketua INAFOC mengatakan PSSI bakal terus melakukan komunikasi dengan FIFA. Hal itu dilakukan untuk membentuk struktur organisasi yang sesuai dengan tugas dan fungsinya.

“Yang pasti sampai hari ini kami terus berkomunikasi dengan FIFA, kemudian dari sekretariat juga sedang berkomunikasi dengan FIFA. Sudah dibuatkan bagannya, hanya kami sedang akan memilah unit-unit itu terkait dengan apa. InsyaAllah selesai bulan ini,” tegas Iwan Budianto.

Piala Dunia U-20 2021 menjadi pertaruhan bangsa Indonesia di mata internasional. Hal itulah yang membuat Presiden Joko Widodo memberi pesan kepada Menpora dan PSSI untuk mengurus event tersebut dengan maksimal.

Menpora dan PSSI sudah sepakat memilih GBK Arena sebagai kantor Panitia Penyelenggara Piala Dunia U-20 2021 (INAFOC). Pemilihan gedung tersebut karena lokasinya yang strategis.

GBK Arena sebelumnya sempat menjadi kantor oleh Panitia Penyelenggara Asian Para Games (INAPGOC) pada 2018. Menpora Zainudin Amali berharap adanya kantor yang strategis ini bisa mendukung persiapan dan kegiatan Piala Dunia U-20 2021.

“Kami melihat GBK Arena ini pernah digunakan saat Asian Para Games. Memang ada pilihan lain yang ditawarkan, namun setelah kami lihat sepintas langsung kami bisa menentukan tempat ini sebagai kantor sekretariat INAFOC,” tegas Zainudin.

“Jadi semua aktivitas kepanitiaan akan terpusat disini, dari berbagai unsur, baik itu Kemenpora, PSSI, dan Kementerian atau lembaga lainnya yang masuk di dalam kepanitiaan itu berkantornya disini,” ujar Zainudin Amali.