PSSI Targetkan Timnas Indonesia Tembus Babak 16 Besar Piala Dunia U-20

PSSI mengubah target timnas Indonesia untuk Piala Dunia U-20, yang digelar di Tanah Air tahun depan. Pasukan Shin Tae-yong tersebut diminta minimal melaju ke babak 16 besar.

Piala Dunia U-20, bakal digelar kurang dari setahun lagi. Dijadwalkan perhelatan sepakbola paling bergengsi untuk kelompor umur tersebut dimulai pada 20 Mei sampai 11 Juni 2021.

Sebelumnya, PSSI menargetkan timnas Indonesia melaju ke semi-final Piala Dunia U-20. Namun, akhirnya diubah setelah Presiden RI Joko Widodo, meminta federasi sepakbola nasional itu mengasih target yang realistis.

“Nanti di Piala Dunia U-20, ada enam grup dengan total 24 negara. Jadi, minimal kita harus bisa mencapai 16 besar, syukur-syukur bisa ke delapan besar,” kata ketua umum PSSI Mochamad Iriawan kepada awak media.

Demi merealisasikan target tersebut PSSI meminta Tae-yong, segera tiba di Indonesia. Kedatangan eks juru formasi Seongnam Ilhwa Chunma ini untuk melakukan persiapan Garuda Muda.

Semenjak tidak ada kegiatan sepakbola di Indonesia karena pandemi virus corona, Tae-yong memutuskan pulang ke negara asalnya Korea Selatan. Empat staf pelatih timnas Indonesia yakni Kim Hae-woon, Ko Gyun-gyun, Woo Jae-kim, dan Jae-hong Lee, juga mengambil langkah serupa.

“Saat ini kami masih menunggu kehadiran manajer pelatih timnas Shin Tae-yong di Indonesia agar bisa segera menyiapkan skuat. Kami meminta Shin sudah di sini maksimal di minggu kedua Juli 2020,” ujar mantan Kapolda Jawa Barat dan Metro Jaya tersebut.

Kendati berada di Korea Selatan, Tae-yong tidak melupakan tugasnya. Ia memimpin langsung pemusatan latihan (TC) timnas Indonesia U-19, yang digelar secara virtual sejak Mei lalu, dengan diikuti 44 pemain.

TC tersebut dilakukan sebagai persiapan timnas Indonesia sebelum terjun di Piala Asia U-19 yang berlangsung di Uzbekistan pada 14-31 Oktober 2020. Ajang ini menjadi agenda terdekat Sutan Zico dan kawan-kawan sebelum Piala Dunia U-20.

Pada Piala Asia U-19, timnas Indonesia menempati Grup A. Pasukan Merah Putih, bakal berhadapan dengan Iran, Kamboja dan tuan rumah Uzbekistan.