Persiba Balikpapan Belum Bisa Pastikan Persiapan Tim

PSSI sudah menetapkan bahwa seluruh kompetisi di Indonesia akan kembali digulirkan pada Oktober mendatang. Kompetisi tersebut mencakup Liga 1 dan Liga 2 yang berstatus profesional, serta Liga 3 dengan status amatir.

Kini klub masih belum mendapat informasi jelas soal bagaimana kompetisi tersebut akan dijalankan, selain informasi awal dari PSSI yang bakal menetapkan prosedur kesehatan secara ketat, demi mencegah penyebaran Covid-19.

PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator Liga 1 dan Liga 2 diminta segera menuntaskan segala hal terkait kompetisi, terutama penjadwalan yang sangat memengaruhi bagaimana tim bakal dipersiapkan menyambut Oktober.

Presiden klub Persiba Balikpapan, Gede Widiade, berharap segala penyesuaian terkait kompetisi Oktober mendatang segera diinformasikan. Termasuk penjadwalan untuk Liga 2 — strata kompetisi Persiba bermain.

“Staf kepelatihan dan ofisial telah kami hubungi untuk membahas persiapan tim, jika kompetisi akan kembali digulirkan. Tetapi kami juga menunggu surat resmi dari PT LIB mengenai format kompetisi serta bagaimana mekanismenya,” ucap Gede.

Jika mengacu pada informasi awal yang dipaparkan oleh PSSI, Liga 2 bakal digelar dari awal dan dengan format yang berbeda. Liga 2 bakal dilaksanakan dengan sistem pembagian grup yang dibagi empat grup. Setiap grup berisi enam tim.

Selain itu, jatah promosi tim Liga 2 untuk naik ke Liga 1 juga dipangkas menjadi hanya dua, dari awalnya tiga. Sistem degradasi dihapuskan, hal tersebut juga diberlakukan oleh PSSI pada Liga 1, sebagai kompetisi teratas.

Sempat beredar bagaimana mekanisme pembagian grup untuk Liga 2, namun informasi tersebut bukan melalui surat resmi LIB. Hingga kini, klub Liga 2 juga menunggu koordinasi lanjutan bagaimana liga digelar, dengan LIB selaku operator.

Berbeda dengan Liga 2, Liga 1 akan dilanjutkan mulai dari pekan keempat. Tidak ada perubahan format pada Liga 1, namun seluruh laga dimainkan secara sentral di satu pulau, yakni Pulau Jawa, seperti yang direncanakan PSSI.

Sebelum Liga 2 dihentikan pada 16 Maret karena pandemi virus corona, baru satu pekan kompetisi berjalan. Dua pertandingan tak bisa dimainkan pada pekan pertama tersebut, yakni Persis Solo versus PSCS Cilacap, serta Putra Sinar Giri menantang PSBS Biak.