Pemain Asing Liga 1 Sulit Masuk ke Indonesia, Kemenpora Siap Bantu Cari Jalan Keluar

Para pemain dan pelatih asing yang berlaga di kompetisi Liga 1 2020 akan sulit datang ke Indonesia dalam waktu dekat.

Hal tersebut disebabkan karena adanya Peraturan Menteri Hukum dan HAM (Permenkumham) Nomor 11 Tahun 2020 tentang “Pelarangan Sementara Orang Asing Masuk Wilayah Negara Republik Indonesia”.

Peraturan tersebut dengan tegas menyebutkan, orang asing untuk sementara waktu dilarang datang ke Indonesia.

Terlebih, isi dari pasal kedua Permenkumham Nomor 11 Tahun 2020 berbunyi larangan sementara untuk orang asing memasuki atau transit di wilayah Indonesia.

Peraturan tersebut diterapkan untuk menekan penyebaran pandemi Covid-19 atau virus Corona yang terus menyebar di Indonesia.

Padahal, dalam waktu dekat kompetisi sepak bola Liga 1 akan segera bergulir pada bulan Oktober 2020 mendatang.

Tim-tim kontestan Liga 1 2020 membutuhkan tenaga para pemain dan pelatih asing demi mempersiapkan lagi timnya.

Kendati demikian, ada secercah harapan bagi tim-tim kontestan Liga 1 yang kesulitan mendatangkan pemain dan pelatih yang sudah terlanjur meninggalkan Indonesia.

Dalam Permenkumham Nomor 11 tahun 2020 pasal keenam disebutkan, dalam keadaan tertentu, Menteri berdasarkan kewenangannya dapat mengeluarkan kebijakan lain terkait fasilitas keimigrasian sepanjang memberikan manfaat umum.

Tim-tim di Liga 1 bisa saja meminta bantuan kepada Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali untuk bisa mendatangkan lagi pelatih dan pemainnya ke Indonesia.

Untuk memperlancar itu semua, Sesmenpora, Gatot S Dewa Broto akan berkoordinasi dengan Menpora Zainudin Amali perihal persoalan tersebut.

Kemenpora membuka kesempatan membantu tim-tim Liga 1 2020 untuk mendatangkan lagi pemain dan pelatih ke Indonesia.

Peluang tersebut sangat memungkinkan apabila tim-tim Liga 1 memberikan permohonan tersebut langsung ke Kemenpora.

“Kalau yang berada di luar negeri dan mau masuk ke Indonesia, mereka butuh bantuan kami, pasti kami akan bantu kok,” kata Gatot S Dewa Broto saat ditemui di Graha BIP, Jakarta Selatan.

Lebih lanjut, Gatot mengatakan, peraturan tersebut masih akan berlaku di Indonesia sampai penyebaran wabah Covid-19 berakhir.

“Sampai selama belum dicabut ya masih berlaku (peraturannya),” tutup Gatot.

Para pemain dan pelatih asing yang berlaga di Liga 1 2020 sebagian besar memang memilih kembali ke negara asalnya masing-masing.

Hal tersebut disebabkan kompetisi Liga 1 2020 sudah dihentikan sejak pertengahan bulan Maret 2020 lalu.

Sebut saja tim Persija Jakarta, tim pelatihnya yaitu Sergio Farias beserta dua asisten pelatihnya Stefano Impagliazzo dan Rodrigo Pellegrino memilih pulang ke Brasil.

Selain itu, tiga pemain asingnya Marko Simic (Kroasia), Marco Motta (Italia), dan Rohit Chand (Nepal) memilih pulang ke negara asalnya.