Kata Sesmenpora soal Anggaran Piala Dunia U-20, Terkait PSSI

Kemenpora telah mengajukan anggaran persiapan Piala Dunia U-20 2021 kepada Komisi X DPR RI. Anggaran itu diyakini takkan jauh nominalnya dengan permintaan PSSI.

Kemenpora sempat menagih PSSI untuk segera menyelesaikan rancangan anggaran. Sambil menunggu itu, rupanya Kemenpora sudah menyiapkan dan mengusulkannya kepada Komisi X DPR. Hal itu disampaikan langsung oleh anggota Komisi X DPR, Yoyok Sukawi, yang juga Komite Eksekutif PSSI.

Dia menyebutkan, bahwa di dalam usulan keseluruhan anggaran Kemenpora 2021, di dalamnya terdapat angka untuk pelaksanaan Piala Dunia U-20 2021 sebesar Rp 400 miliar dan Rp 100 miliar untuk persiapan timnas U-19 (cikal bakal menjadi U-20). Angka itu muncul dalam rapat bersama DPR RI pada Kamis (2/7/2020).

Saat dikonfirmasi, Sekretaris Kemenpora, Gatot S. Dewa Broto, enggan menyebutkan angka yang diajukan karena belum ketuk palu dari DPR. “Kami tidak akan menyebut angka karena ini baru bentuk usulan. Kami tidak etis mengungkapkan angka. Tapi kalau muncul dari pihak lain, itu hak beliau,” kata Gatot kepada detikSport, Minggu (5/7/2020).

PSSI sempat mengajukan anggaran ke Kemenpora sebesar Rp 103-Rp 170 miliar untuk pelatnas tim nasional Indonesia U-20. Namun, itu sebelum adanya wabah COVID-19 dan persoalan internal PSSI.

Setelah itu, PSSI kembali ke Kemenpora dengan membawa usulan anggaran yang baru pada Juni lalu. Akan tetapi, laporan permintaan anggaran tersebut tidak sesuai dengan justifikasi yang diharapkan Kemenpora.

Munculnya angka Rp 100 miliar, bukan tak mungkin menimbulkan bentrok dengan usulan PSSI. Menjawab itu, Gatot meyakini angka yang akan diajukan PSSI tidak akan jauh-jauh dari yang diusulkan Kemenpora, baik itu untuk pelatnas timnas.

“Dari sejak PSSI mengajukan proposal, bolak-balik, kami sudah punya bayangan berapa kira-kira real-nya. Dari situ sudah kami tangkap sesuai dengan standar pemerintah,” kata Gatot.

“Kami, Kemenpora punya pengalaman event, masih ingat Asian Games juga proposal bolak-balik. Ibaratnya, Asian Games baru kemarin sore, meskipun tidak bisa diperbandingkan karena Piala Dunia 2021 adalah single event. Tapi akan jauh berkurang (dari angka yang diusulkan).”

“Yang jelas itu (usulan angka) masih dibahas di Badan Anggaran DPR. Setelah itu ada literal meeting antara kami, Bappenas, dan Kementerian Keuangan,” tegas dia.