Yunus Nusi: AFC Apresiasi PSSI soal Rencana Melanjutkan Kompetisi Musim 2020

Keputusan PSSI yang akan melanjutkan kompetisi Liga 1 dan Liga 2, bahkan Liga 3 mulai Oktober mendatang diapresiasi oleh AFC. Konfederasi sepak bola Asia itu berharap PSSI dapat memerhatikan faktor kesehatan saat memulai kembali kompetisi.

Pelaksana tugas (Plt) Sekjen PSSI, Yunus Nusi mengatakan, AFC memberikan apresiasi pada PSSI dan beberapa federasi lain yang telah merencanakan untuk kembali memutar kompetisi sepak bolanya. Hal itu disampaikan AFC ketika melakukan rapat virtual dengan anggota-anggotanya, termasuk PSSI.

“Pada saat rapat virtual tersebut, PSSI menyampaikan hal yang sama dengan federasi lain, saat ini PSSI sangat terdampak dengan situasi pandemi Covid-19,” kata Yunus Nusi, seperti dikutip dari laman PSSI.

“Kami juga berkirim surat kepada AFC tentang skenario kompetisi lanjutan yang dilaksanakan oleh PSSI, terkait promosi degradasi, kemudian dengan sistem kompetisinya. Semua kami telah sampaikan, dan nantinya setiap departemen-departemen terkait yang ada di AFC akan mempelajarinya,” ujar Yunus menambahkan.

Yunus mengklaim, AFC memahami keputusan PSSI dan beberapa negara seperti Jepang yang meniadakan sistem degradasi untuk kompetisi musim ini akibat pandemi virus corona (Covid-19). Mantan Ketua Asprov PSSI Kalimantan Timur tersebut mengatakan, AFC meminta kepada PSSI dan anggotanya untuk terus berkomunikasi, termasuk kepada FIFA.

“AFC meminta agar setiap federasi selalu memerhatikan protokol kesehatan bila melakukan kegiatan atau lanjutan kompetisi dalam rangka untuk mengatasi pandemi Covid-19 ini. AFC juga berpesan lakukan yang terbaik untuk sepak bola di setiap federasi. Terus lakukan koordinasi dengan FIFA atau AFC terkait aturan atau regulasi kompetisi, kami optimis AFC memberikan kelonggaran untuk itu,” tukas pria yang juga anggota Komite Eksekutif PSSI tersebut.