Timnas Indonesia U-16 Selesai Jalani Swab Test

Timnas Indonesia U-16 telah menjalani swab test, Selasa (7/7/2020). Ini adalah rangkaian protokol kesehatan yang diberlakukan PSSI selama pemusatan latihan.

Sebelumnya, tim asuhan Bima Sakti itu juga telah menjalani rapid test, Senin (6/7/). Hasil rapid test sebelumnya menunjukkan pemain-pemain Timnas Indonesia U-16 non-reaktif.

“Hari ini seluruh pemain dan ofisial dapat melakukan swab test. PSSI melakukan hal ini sebagai bagian dari protokol kesehatan yang dilakukan saat pemusatan latihan (TC),” kata dokter PSSI, Syarif Alwi, dikutip dari laman resmi federasi.

“Pemain dan ofisial harus disiplin menjalankan protokol kesehatan. Seperti selalu memakai masker, menjaga jarak saat melakukan kegiatan seperti makan dan duduk di dalam bus, memakai sarung tangan saat menjalani latihan, rajin cuci tangan memakai sabun, dan lain-lain,” ujarnya menambahkan.

Bek sayap Timnas Indonesia U-16, Alexandro Felix Kamuru, mengungkapkan kesannya selama menjalani protokol kesehatan. Ia mengaku merasa aman untuk menjalani latihan dengan pemberlakukan protokol kesehatan yang diberlakukan PSSI.

Dengan begitu, pemain bisa berkonsentrasi penuh dalam latihan untuk mencapai hasil maksimal yang diinginkan. Latihan ini adalah persiapan Timnas Indonesia U-16 yang akan tampil di Piala Asia U-16 2020 di Bahrain pada akhir tahun.

“Bersyukur dan terima kasih PSSI dapat memfasilitasi kami untuk swab test dan kemarin dilakukan rapid test,” tutur pemain asal Papua itu.

“Kami melakukan tes untuk memastikan kondisi benar-benar fit dan negatif dari virus. Dengan begitu kami bisa merasa makin nyaman dan aman untuk menjalani latihan,” ucapnya.

Latihan pekan pertama Timnas Indonesia U-16 sebagaimana diungkapkan Bima Sakti, berlangsung dengan intensitas yang rendah. Diharapkannya intensitas akan ditingkatkan setiap pekannya.

“Latihan pekan ini pengenalan kembali, adaptasi training, besok ditingkatkan. Pekan ini tak mungkin langsung tempo tinggi. Pekan kedua dan ketiga meningkat dan semoga Bulan Agustus sudah full,” ujar Bima Sakti. (Detik Sport)