Sukses Bersama Persija, Maman Abdurrahman Masih Bermimpi Membawa Timnas Juara

Meski sudah kenyang pengalaman dan prestasi, bek Persija Jakarta, Maman Abdurrahman, ternyata masih memiliki satu angan yang belum tercapai dalam perjalanan kariernya. Ya, membawa Tim Nasional Indonesia ke podium juara.

Sebagai pesepakbola, Maman dikenal sebagai pemain bertahan yang tangguh dan kuat dalam duel udara. Deretan tim-tim besar tanah air mengisi perjalanan kariernya. Sriwijaya FC, Persib Bandung, dan kini Persija Jakarta, adalah beberapa di antaranya.

Prestasinya pun cukup gemilang. Di musim 2006, Maman terpilih sebagai pemain terbaik Liga Indonesia. Kala itu, ia masih berseragam PSIS Semarang dan berhasil mengantarkan PSIS menjadi finalis Liga Indonesia musim tersebut

Lalu, ia juga pernah mencicipi trofi Liga Indonesia dan Piala Presiden di tahun 2018 bersama tim Ibu Kota.

Soal Timnas, pemain berumur 38 tahun tersebut merupakan langganan skuat ‘Garuda’ di masanya. Ia pernah bermain untuk ajang Piala AFF, Piala Asia, Kualifikasi Piala Dunia, serta Olimpiade.

Well, dengan segala pencapaiannya, memang terasa hambar tanpa pencapaian di level Tim Nasional. Terlebih, Maman juga hampir mencicipi trofi Piala AFF, kala mampu mengantarkan skuat ‘Garuda’ ke partai puncak di edisi 2010.

”Salah satu impian yang belum terwujud sekaligus kegagalan terbesar saya adalah tidak mampu membawa Tim Nasional juara,” kata Maman, dalam situs klub.

”Semoga generasi penerus saya di Tim Nasional mampu mencapai hasil yang lebih baik,” dirinya menambahkan.

Kini, mungkin akan sangat sulit bagi Maman untuk kembali terpilih mengisi tempat di skuat Tim Nasional. Pasalnya, ia harus bersaing dengan bek-bek lainnya yang usianya jauh lebih muda.

Namun, peluang untuk mengisi pos lain di Timnas tentu masih terbuka bagi dirinya. Sebagai Pelatih, atau Asisten Pelatih, contohnya. (kumparan)