Sedikit Lagi Gelandang Persija Jakarta Marc Klok Jadi WNI

Gelandang asal Belanda, Marc Klok, tengah menantikan status Warga Negara Indonesia (WNI) yang sudah diajukan sejak ia membela PSM Makassar. Pada musim 2020, Klok pun sudah pindah ke Persija Jakarta, dengan proses transfer.

Mantan pemain Dundee FC ini sudah mengajukan berkas untuk proses naturalisasi pada 2019, dan dirinya tidak sabar untuk segera memegang paspor Indonesia. Berkas tersebut sudah dalam tahap akhir di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia.

Klok pun menceritakan bagaimana prosesnya saat ini, di kanal Youtube dari Persija, bernama Persija TV. “Prosesnya saat ini sudah ada di DPR. Sebelum saya sah menjadi WNI, saya harus menyelesaikan administrasi di DPR,” ungkap Klok, di video tersebut.

“Setelah proses di DPR, lalu tunggu persetujuan Presiden. Setelah itu saya rasa prosesnya sudah selesai, dan saya akan resmi menjadi warga negara Indonesia,” tutup pemain bernomor punggung sepuluh di tim ibu kota itu.

Bisa dipahami bahwa proses naturalisasi dari Klok sedikit mandek karena pandemi virus corona yang melanda seluruh dunia. Namun secara administratif, semestinya tidak ada kendala berarti untuk Klok menyandang status sebagai WNI.

Pemain kelahiran 20 April 1993 itu pun sudah memahami bahwa dirinya harus bisa menyanyikan Indonesia Raya serta hafal Pancasila, yang merupakan dasar negara Indonesia. “Lalu [setelah dari DPR] disumpah, menyanyikan lagu kebangsaan, dan menghafalkan Pancasila,” ujar Klok.

Jika sudah berstatus WNI, Klok berpeluang besar menjadi bagian dari timnas Indonesia. Ia sempat mengikuti pemusatan latihan (TC) bersama timnas pada Mei 2019, ketika Simon McMenemy masih berstatus sebagai pelatih kepala dari Merah-Putih. Kala itu, ia hanya mengikuti latihan.

Beberapa agenda dihadapkan kepada timnas Indonesia tahun ini, seperti lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022, yang masih tersisa tiga pertandingan melawan Thailand, Uni Emirat Arab, dan Vietnam, pada Oktober mendatang.

Selain itu, tentunya pesta sepakbola Asia Tenggara, Piala AFF 2020. Kejuaraan tersebut masih belum jelas kapan dan bagaimana pelaksanaannya, namun bisa jadi ajang pembuktian Klok menuntaskan dahaga gelar juara Indonesia di event dua tahunan itu.