Bima Sakti Siapkan Sanksi Berat Untuk Skuad Timnas Indonesia U-16

Pelatih timnas Indonesia U-16 Bima Sakti, memiliki cara supaya anak asuhnya patuh dengan protokol kesehatan selama pemusatan latihan (TC) digelar. Ia bakal memberikan hukuman berat untuk yang melanggar.

Bima tak ingin TC yang dilaksanakan di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, menjadi malapetaka untuk timnya. Hal ini karena agenda timnas Indonesia U-16, dilangsungkan di tengah pandemi virus corona.

Maka dari itu, Bima mengingatkan para pemain timnas Indonesia U-16 mematuhi segala aturan yang ditetapkan. Pasukannya tidak boleh keluar dari hotel tanpa ada persetujuan darinya.

“Memang informasi dari tim dokter juga kita TC kali ini jangan keluar-keluar [hotel] dulu, kalau memang itu tidak penting, dan mendesak banget,” kata pria berusia 44 tahun tersebut.

“Kecuali kalau ofisial tim [keluar] untuk kebutuhan tim, itu mungkin mereka harus keluar, tapi dengan protokol kesehatan juga. Kita bikin aturan kalau pemain keluar ada sanksi beratlah, apalagi tanpa izin,” Bima menambahkan.

Timnas Indonesia U-16 telah memulai TC sejak kemarin sampai dengan 29 Juli mendatang. Protokol kesehatan ketat diterapkan untuk menjaga skuad timnas Indonesia U-16 tidak terpapar virus corona.

Tes kesehatan mulai dari rapid test, sampai swab test telah dilakukan timnas Indonesia U-16. Ruang ganti maupun bus disemprot disinfektan, para pemain juga diminta menjaga jarak dalam berbagai kegiatan mulai dari makan, hingga duduk di dalam bus.

Bahkan, bus sampai dua kali bolak-balik mengantar skuad timnas Indonesia U-16 ke stadion maupun pulang ke hotel. Semua itu untuk memastikan Marcell Januar dan kawan-kawan terbebas dari virus corona.

“Menjadi tanggung jawab kami sebagai pelatih, dan semuanya harus bertanggung jawab terhadap dirinya masing-masing dalam menjaga kesehatan,” ujar eks Persiba Balikpapan tersebut.

Dalam TC tersebut sebanyak 26 pemain dipanggil untuk ambil bagian. Agenda ini merupakan rangkaian persiapan timnas Indonesia U-16 jelang tampil pada Piala Asia U-16, yang digelar di Bahrain, pada 25 November hingga 12 Desember 2020.

Timnas Indonesia U-16, bakal menghadapi lawan-lawan yang kuat dalam Piala Asia U-16. Tim Garuda Muda tergabung di Grup D bersama Jepang, Arab Saudi, dan Tiongkok.