Skuad Timnas Indonesia U-16 Perlu Waktu Kembalikan Kondisi

Bek timnas Indonesia U-16 Marcell Januar Putra, siap memberikan yang terbaik selama pemusatan latihan (TC) digelar. Namun, ia mengaku butuh waktu untuk mengembalikan kondisi maksimalnya.

Situasi tersebut karena selama ini para pemain timnas Indonesia U-16, hanya melakukan latihan secara virtual. Pasukan Bima Sakti tersebut tak bisa berkumpul akibat pandemi virus corona melanda Tanah Air.

Setelah lama tidak berkumpul, akhirnya timnas Indonesia U-16 memulai TC perdana di Stadion Patriot Candrabahaga, Bekasi, Senin (6/7). Agenda tersebut bakal berlangsung sampai dengan 29 Juli mendatang.

“Kami akui harus meningkatkan lagi kondisi dan performa kita semua. Pelatih tadi memberikan materi pengingat kembali menu latihan seperti transisi menyerang ke bertahan begitu juga sebaliknya,” kata Marcell dikutip dari laman PSSI.

Dalam TC tersebut sebanyak 26 pemain dipanggil untuk ambil bagian. Agenda ini merupakan rangkaian persiapan timnas Indonesia U-16 jelang tampil pada Piala Asia U-16, yang digelar di Bahrain, pada 25 November hingga 12 Desember 2020.

Protokol kesehatan ketat diterapkan selama TC berlangsung. Langkah tersebut dilakukan untuk mencegah ada yang terpapar virus corona selama agenda dilaksanakan.

Para pemain, ofisial dan tim pelatih timnas Indonesia U-16 wajib menjalani rapid test dan swab test, ruang ganti maupun bus disemprot disinfektan, para pemain juga diminta menjaga jarak dalam berbagai kegiatan mulai dari makan, hingga duduk di dalam bus. Bahkan, bus sampai dua kali bolak-balik mengantar skuad timnas Indonesia U-16 ke stadion maupun pulang ke hotel.

“Saya rasa tidak masalah dengan protokol kesehatan seperti ini, karena demi kesehatan bersama. Penting bagi kami juga untuk menjaga kesehatan dan kondisi di saat situasi pandemi virus corona saat ini,” ujar pilar Bali United tersebut.

Selain itu, Marcell merasa senang bisa berkumpul kembali dengan rekan setimnya di timnas Indonesia U-16. Ia menikmati seluruh materi yang sudah disusun tim pelatih.

“Bersyukur setelah hampir empat bulan hanya berlatih lewat virtual sekarang berlatih bersama-sama lagi di lapangan. Kondisi kami saat ini sehat dan menikmati latihan perdana tadi,” ucapnya.

Timnas Indonesia U-16, bakal menghadapi lawan-lawan yang kuat dalam Piala Asia U-16. Tim Garuda Muda tergabung di Grup D bersama Jepang, Arab Saudi, dan Tiongkok.