PSSI Ambil Sisi Positif Panitia Penyelenggara Piala Dunia U-20 Dipegang Pemerintah

Ketua umum PSSI Mochamad Iriawan, mengaku tidak masalah pemerintah mengambil alih penyelengaraan Piala Dunia U-20 2021. Ia merasa keputusan tersebut sudah tepat dilakukan.

Pemerintah membentuk panitia penyelenggara (panpel) Piala Dunia U-20 2021 dengan nama INAFOC. Presiden RI Joko Widodo, menunjuk Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali, sebagai ketua.

Iriawan menyebut peran pemerintah sangat penting dalam Piala Dunia U-20. Tanpa adanya dana lewat Anggaran Penerimaan dan Belanja Negara (APBN), perhelatan tersebut tak bisa terlaksana di Indonesia.

Bahkan Iriawan, mencontohkan saat Piala Dunia 2018 digelar di Rusia, kepanitiaan juga dipegang oleh pemerintah. Oleh karena itu, ia menganggap hal ini lumrah terjadi.

“Itu bukan ambil alih, bisa-bisa saja karena Rusia dan Italia juga pernah. Karena ini uang-uang negara dan saya pikir biar saja negara yang mengelola itu,” kata Iriawan kepada awak media.

Sosok yang karib disapa Iwan Bule tersebut mengaku ada sisi positif pemerintah yang memegang kepanitiaan Piala Dunia U-20. PSSI dapat fokus dalam menyiapkan timnas Indonesia agar tampil maksimal pada perhelatan itu.

Piala Dunia U-20, bakal digelar kurang dari setahun lagi. Dijadwalkan perhelatan sepakbola paling bergengsi untuk kelompor umur tersebut dimulai pada 20 Mei sampai 11 Juni 2021.

“Saya juga tenang dan bisa konsentrasi buat timnas, yang penting kan lancar buat saya. Kan kalau sukses penyelenggaraan sama sukses timnas kan senang,” ujar pria yang pernah menjabat sebagai Kapolda Jawa Barat dan Polda Metro Jaya tersebut.

“Indonesia juga akan bangga. Itu lebih baik buat saya, jadi kami bisa fokus, kami akan membawa TC kemana. Jadi kami fokus ke timnas saja,” mantan sekretaris utama Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) itu menambahkan.

Meski INAFOC sudah terbentuk, belum diketahui siapa saja yang akan berada di dalamnya. Zainudin memastikan bakal memasukkan orang-orang yang kompeten sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Terkait anggaran untuk menggelar Piala Dunia U-20 juga masih dihitung. INAFOC berhati-hati dalam menyusunnya agar tidak timbul masalah di kemudian hari.