Gelar Latihan Perdana, Pelatih TIRA Persikabo Ingin Tampil Maksimal Di Liga 1

TIRA Pesikabo telah memulai persiapan jelang bergulirnya kembali Liga 1 2020. Pasukan Laskar Padjadjaran menjalani latihan di Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian (PMPP), Hambalang, Bogor, Senin (6/7).

Hanya saja, belum semua pemain yang ambil bagian pada latihan perdana tersebut. Baru ada 13 nama mengikuti agenda tersebut yang dipimpin langsung pelatih TIRA Persikabo Igor Kriushenko.

Protokol kesehatan ketat diterapkan selama latihan dilaksanakan. Langkah ini dilakukan untuk mencegah pemain terpapar dari virus corona yang masih melanda Tanah Air.

Igor menyatakan fokus utama dalam latihan tersebut mengembalikan kondisi anak asuhnya. Semenjak kompetisi dihentikan pada pertengahan Maret lalu, Andy Setyo dan kawan-kawan berlatih mandiri di kediaman masing-masing.

“Untuk saat ini penting juga mendukung para pemain dan menamkan kepercayaan serta menjelaskan gimana pentingnya tetap menjalani latihan,” kata Igor.

Juru formasi berusia 56 tahun berkeinginan timnya mampu tampil impresif saat Liga 1 digelar. Oleh karena itu, ia bakal berusaha keras untuk mempersiapkan timnya secara maksimal.

“Saya berharap kami dapat mempersiapkan diri dengan baik untuk memulai kembali Liga 1, dan tentunya semoga kami bisa tampil dengan baik di musim ini,” ujar sosok berpaspor Belarusia tersebut.

PSSI memutuskan melanjutkan kompetisi pada Oktober mendatang. Kepastian tersebut didapatkan setelah federasi sepakbola nasional tersebut mengeluarkan Surat Keputusan (SK) bernomor SKEP/53/VI/2020.

Meski sudah mengeluarkan SK terbaru soal kompetisi, PSSI belum memberikan detailnya seperti jadwal, regulasi dan sebagainya. Organisasi yang didirikan pada 1930 tersebut masih mengkaji masukan dari berbagai pihak untuk dapat keputusan terbaik.

Sejumlah wacana muncul saat kompetisi dihelat. Mulai dari seluruh pertandingan Liga 1 digelar di Pulau Jawa, penghapusan degradasi, regulasi pemain U-20, kenaikan subsidi, hingga pengurangan jatah promosi klub Liga 2 dari tiga menjadi dua di musim ini.

Berikut daftar pemain yang mengikuti latihan:

Alex dos Santos, Ciro Alves, Sivio Escobar, Kelvin Wopi, Arthur Bonai, Manahati Lestusen, Didik Wahyu, Ikhwan Ciptady, Dava Aldiansyah, Munadi, Herwin Tri Saputra, Viba, dan Yanto.