PSSI Turunkan Target Timnas U-19 di Piala Dunia

Awalnya, PSSI ingin timnas U-19 Indonesia lolos ke semifinal, namun sekarang cukup ke babak 16 besar saja.

Hal tersebut diutarakan secara langsung oleh Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, kepada awak media.

Berubahnya target tersebut sesuai arahan dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Jokowi sapaan akrabnya meminta PSSI agar memberikan target yang realistis ke asuhan Shin Tae-yong tersebut.

Orang nomor satu di Indonesia itu memang sempat menargetkan tim Merah Putih cukup lolos ke babak 16 besar saja, bukan semifinal seperti yang diutarakan PSSI.

“Nanti di Piala Dunia U-20 2021 ada enam grup dengan total 24 negara,” kata Mochamad Iriawan.

“Jadi minimal kami harus bisa mencapai babak 16 besar, syukur-syukur bisa ke delapan besar,” ucap pria yang akrab disapa Iwan Bule tersebut.

Lebih lanjut Iwan Bule mengatakan PSSI masih menunggu kedatangan Shin Tae-yong yang sampai saat ini tengah berada di negaranya, Korea Selatan.

Shin Tae-yong bersama empat staf pelatih timnas Indonesia yakni Kim Hae-woon, Ko Gyun-gyun, Woo Jae-kim, dan Jae-hong Lee memutuskan kembali ke Korea Selatan sejak 3 April 2020 akibat tidak adanya kegiatan sepak bola karena Covid-19 di Indonesia.

PSSI menargetkan Shin Tae-yong dkk bisa datang ke Indonesia pada pertengahan Juli.

Tujuannya untuk berbicara terlebih dahulu demi menyiapkan timnas U-19 Indonesia yang akan berlaga di Piala Asia U-19 2020 pada 14-31 Oktober mendatang di Uzbekistan.

Pada Piala Asia U-19 2020, timnas U-19 Indonesia tergabung ke dalam Grup A bersama Kamboja, Iran, dan tuan rumah Uzbekistan.

Saat ini Shin Tae-yong tengah melakukan pemusatan latihan virtual bersama 44 pemain timnas U-19 Indonesia yang sudah dilakukan sejak 14 Mei 2020.

“Kami masih menunggu kehadian manajer pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong ke Indonesia agar bisa segera menyiapkan skuad,” kata Iwan Bule.

“Kami meminta Shin Tae-yong udah di Indonesia maksimal di minggu kedua Juli 2020,” ucap mantan Kapolda Jawa Barat dan Metro Jaya tersebut.

Sementara itu untuk Piala Dunia U-20 2021 akan digelar pada 20 Mei sampai 11 Juni tahun depan.

Pemerintah Indonesia dikabarkan sudah siap mengeluarkan anggaran sebesar Rp 200 miliar untuk persiapan timnas U-19 Indonesia berlaga di Piala Dunia U-20 2021.