Fisioterapis Fokus Benahi Stamina Pemain Persebaya

Sejumlah pemain Persebaya Surabaya fokus membenahi fisik dan stamina di tengah jeda kompetisi Liga 1 2020. Fisioterapis klub, Anggara Dwi Samudra, mengawal latihan mandiri secara langsung.

Persebaya belum mengumpulkan para pemainnya karena beberapa di antaranya belum berada di Surabaya. Sejumlah pemain asing juga diketahui masih di negaranya masing-masing.

Namun, itu tak lantas membuat pemain Persebaya bebas dari tanggung jawab menjaga kondisi. Angga Dwi Samudra berinisiatif untuk memantau kondisi kebugaran anak asuh Aji Santoso, satu di antaranya dengan menemani mereka di pusat kebugaran.

“Karena tidak ada latihan bersama di lapangan, jadi saya bantu-bantu pemain untuk jaga kondisi di gym apartemen,” kata Angga dilansir laman resmi Persebaya.

Angga menambahkan, dirinya tidak menentukan porsi latihan sebab semua tergantung pada komando pelatih fisik Gassely Jun Panam. Yang jelas, fokusnya adalah menjaga kondisi pemain agar tetap berada pada puncak kebugaran sampai Liga 1 kembali dilanjutkan.

”Untuk latihan selama ini saya menyesuaikan dengan kebutuhan pemain, seperti kekuatan, kecepatan, stamina, endurance, pokoknya semuanya lah,” ujar fisioterapis Persebaya itu.

Program yang dijalankan Angga kepada pemain Persebaya sifatnya tidak dipaksakan. Sebab, setiap pemain memiliki kesibukan masing-masing terkait jadwal latihan mandiri.

Namun demikian, Angga siap membantu siapa saja yang ingin bergabung. Lagipula, latihan dengan skala besar memang tidak disarankan.

“Latihan bersama ini sifatnya terbuka, siapa pemain yang bisa datang ya bergabung, Banyak yang sudah gabung, seperti Konate, Wanggai, Ofan, dan Rizky Ridho,” kata Angga lagi.

“Kadang masing-masing dari mereka memiliki jadwal sendiri-sendiri, jadi saya menyesuaikan saja, lagipula latihan dalam jumlah besar juga tidak disarankan,” imbuhnya.