David Da Silva Dijagokan Segera Patahkan Rekor Jacksen Tiago

David sa Silva dianggap sebagai rekrutan asing terbaik Persebaya Surabaya pada era Liga 1. Bahkan, pemain asal Brasil itu diramalkan mampu relampaui rekor Jacksen F Tiago di Persebaya Surabaya.

Prediksi itu disampaikan Pemerhati Sejarah Persebaya (PSP), Dhion Prasetyo. Dia merujuk pada statistik yang dicatatkan David da Silva selama hampir dua musim berseragam Bajul Ijo.

Baca Juga

Jacksen Thiago memang masih menjadi penyerang asing tersubur yang pernah dimiliki Persebaya. Selama lima musim berseragam Green Force, dia mencetak 42 gol dan pernah menjadi top scorer Liga Kansas 1996-1997 dengan 26 gol.

Namun, rekor tersebut diyakini segera dipatahkan David da Silva. Bersama Persebaya, David tercatat sudah mencetak 35 gol di Liga 1 serta tambahan 4 gol di Piala Gubernur Jatim 2020.

”Sangat bisa sekali (dipatahkan), sekarang cuma selisih tiga gol saja,” kata Dhion, Kamis (2/7/2020).

David sebenarnya nyaris menjadi top scorer Liga 1 2018 yang sekaligus menjadi musim pertamanya di Surabaya. Hanya saja, dia kalah satu gol dari striker PS Tira, Aleksandar Rakic, yang mencetak 21 gol kala itu.

”Kalau David da Silva bisa membawa Persebaya juara, luar biasa lagi menyamai prestasi si Jacksen, dan pastinya golnya akan lebih banyak dari Jacksen,” tegas penulis buku Persebaya and Them itu.

Dhion, yang konsen mengamati para ekspatriat Persebaya, mengakui David da Silva layak disebut sebagai pemain asing nomor satu Persebaya di era Liga 1. Meski dia tidak menampik kualitas pemain yang lainnya.

”Jelas dia yang terbaik, sehingga sampai dikontrak ulang oleh Persebaya,” imbuh pria yang juga aktif menghimpun data pertandingan Persebaya melalui StatsRawon tersebut.

David sempat meninggalkan Persebaya dan bergabung dengan klub Korea Selatan, Pohang Steelers. Namun, pada pertengahan musim 2019, David dipulangkan oleh tim kebanggaan Arek Suroboyo.

Bahkan, agar tidak kehilangan pemain berkepala plontos tersebut untuk kedua kalinya, Persebaya langsung menyodori kontrak panjang. Yakni sampai 1,5 musim.