Bima Sakti: Timnas U-16 akan Beruji Coba Lawan Tim Lokal

Pelatih Tim Nasional Indonesia U-16, Bima Sakti, mengatakan timnya akan menjalani uji tanding dengan lawan dari kelompok usia tim lokal pada bulan ini. Situasi wabah corona (COVID-19) tidak memungkinkan mereka menghadapi tim dari negara lain.

Timnas U-16 menjalani pemusatan latihan 6–29 Juli di Stadion Patriot Chandrabaga, Bekasi, Jawa, Barat. Kegiatan itu bekal persiapan Piala Asia U-16 pada 25 November sampai 12 Desember mendatang di Bahrain.

”Kalau bulan ini kemungkinan kami lawan tim lokal karena situasi masih seperti ini. Lawannya juga sudah kami siapkan,” kata Bima Sakti saat dihubungi, Minggu (5/7).

Pemusatan latihan Timnas U-16 mengikuti protokol kesehatan yang ketat. Awak media tidak diperbolehkan meliput karena kekhawatiran penyebaran wabah corona yang masih tinggi di Indonesia.

Sebagian dari 26 pemain yang dipanggil mengikuti pemusatan latihan sudah berkumpul sejak Sabtu akhir pekan kemarin. Mereka langsung menjalani rapid test sebelum masuk ke penginapan dan akan menjalani swab test dalam beberapa hari ke depan.

Bima mengatakan bahwa situasi saat ini tidak memungkin skuatnya uji tanding dengan lawan dari negara lain yang secara kualitas bisa menguji Timnas U-16.

”Mungkin di level usia yang tinggi tidak masalah, yang penting tidak terlalu jauh, misalnya, di usia 18 tahun. Kalau di usia ini tidak terlalu jauh. Namun, kalau lawan U-23 terlalu jauh. Uji coba untuk melihat perkembangan mereka,” ujar pelatih kelahiran Balikpapan itu.

Di Piala Asia U-16, Indonesia tergabung dalam grup yang cukup sulit. Skuat asuhan Bima Sakti berada di Grup D, bersama negara-negara kuat Asia, yakni Arab Saudi, China, dan Jepang.[]